Aktifitas Hubungan Masyarakat (humas) dalam Pemasaran SD Luqman al-Hakim Surabaya

  • Rudi Trianto
Keywords: humas; pemasaran;

Abstract

Humas merupakan salah satu bagian dari manajemen sekolah. Tugas dan fungsi humas sangatlah penting dan strategis, terutama dalam hal penyampaian informasi baik tentang kemajuan sekolah maupun dalam mendukung pemasaran sekolah. Aktifitas humas dalam ikut sert memasarkan sebuah lembaga pendidikan merupakan sebuah proses sosial dan manajerial dalam mewujudkan tujuan sekolah.  Proses ini berupa penciptaan penawaran dan pertukaran produk yang bernilai dengan pihak lain dalam bidang pendidikan. Tujuan aktifitas humas dalam pemasaran sekolah selain menciptakan citra positif juga mendapatkan penerimaan masyarakat terutama rekruitmen penerimaan siswa baru.

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana aktifitas hubungan masyarakat (humas) dalam pemasaran SD Luqman Al Hakim Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk memahami subyek penelitian berupa perilaku, persepsi, motivasi, tindalan dan lain-lain secara holistik. Pendekatan deskriptif merupakan penggambaran tentang suatu variabel, gejala atau keadaan.

Simpulan dalam penelitian ini, aktiftas humas dalam memasarkan sekolah adalah diawali dengan riset fase, srategi fase, dan tactic fase. Adapun aktifitas humasnya berupa mendokumentasikan kegiatan sekolah, mempublikasikan kegiatan, melibatkan seluruh civitas sekolah, SDM dan unsur sekolah dalam upaya pemasaran sekolah. Bentuk aktifitas humas lainnya  melalui penyampaian  informasi  melalui  media  seperti  website  sekolah,  media sosial sekolah meliputi fanpage, Instagram, channel Youtube, E-mail,  dan telepon.   Strategi   humas   marketing dalam   pemasaran dan mempromosikan  sekolah dilakukan dengan cara penyebaran brosur, promosi dari mulut ke mulut, menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan terkait.

References

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta, 2005)
Arikunto, Suharsimi, Menejemen Penelitian Kualitatif, ( Bandung: PT. Rosdakarya, Ke-IV, 2006)
Hamidi, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, (Bandung: Alfabeta Cet Ke-XI, 2007)
Hudoro Sameto, Proses Pembuatan Marketing Plan (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008)
Moleong J. Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Edisi Revisi Cet Ke-24, 2007)

Muhaimin, Sutiah, Prabowo, Sugeng. Manajemen Pendidikan Aplikasi Dalam Penyususnan Rencana Perkembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009)

Muhaimin, Dkk, Manajemen Pendidikan:Aplikasi Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta:Kencana,2009)
Magretta Joan, Understanding Michael Porter, (Yogyakarta: Andi,2014)

Mulyasa, Menjadi Humas Yang Professional, (Bandung: PT: Remaja Rosdakarya, 2007)

Nasich, Zainun, Ice Lemon Tea For School, (Surabaya: Zentris, 2008)

Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)

Porter, Michael, Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industry Dan Pesaing, (Jakarta: Erlangga, 2001)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Sarwono Jonathan, Marketing Intelligence, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011)

Sumurung, Octavian, Hendry, Manajemen Pemasaran Sekolah, (Jurnal Pendidikan Penabur, No. 5/Thn. IV Desember 2005)

Swastha, Basu, Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta, 2008)

Syamsi, Ibnu, Pengambilan Keputusan dan System Informasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2000)
Published
2020-09-07
How to Cite
Rudi Trianto. (2020). Aktifitas Hubungan Masyarakat (humas) dalam Pemasaran SD Luqman al-Hakim Surabaya. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(1), 21-41. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/216
Section
Articles