Perencanaan Komunikasi Dalam Manajemen Organisasi Dakwah

  • miftakhuddin
Keywords: Perencanaan komunikasi,organisasi dakwah, manajemen organisasi dakwah

Abstract

Perencanaan merupakan suatu kegiatan yang mutlak perlu dilakukan, baik oleh peribadi, kelompok maupun organisasi. Perencanaan juga pada hakekatnya adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terus menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tujuan tertentu. Karenanya sebuah perencanaan harus dilakukan jauh sebelum kegiatan dilaksanakan, khususnya bagi  organisasi.

Untuk itu sebuah perencanaan, apalagi tentang perencanaan komunikasi suatu organisasi akan memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan komunikasi bila melakukan tahapan-tahapan berikut ; memahami hakekat perencanaan komunikasi, pendekatan perencanaan, dan langkah-langkah kegiatan komunikasi. Bila melakukan beberapa tahapan tersebut tujuan dari komunikasi yang dibangun akan bisa dicapai dengan efektif dan efesien.. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan proses manajemen dalam organisasi dakwah. manajemen dakwah adalah suatu proses merencanakan tugas, mengelompokkan, menghimpun, dan menempatkan tenaga-tenaga pelaksana dalam kelompok tugas yang disusun, dan kemudian menggerakkannya kearah pencapaian tujuan dakwah. Dengan melaksanaan proses manajemen dakwah dapat semakin berhasil dan berpengaruh lebih luas.

References

Abda, Slamet Muhaimin, Prinsip-Prinsip Metodologi Dakwah, (Surabaya: Usaha Nasional
1994)

Abdullah, Dzikron, Metodologi Dakwah, Diktat Kuliah, (Semarang: F.Dakwah IAIN Walisonggo, 1988)

Achmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. (Yogyakarata: Prima Duta, 1983). Alam, Datuk Tombak, Kunci Sukses Penerangan dan Dakwah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)
Aji, Firman B., Perencanaan dan Evaluasi (Suatu Sistem Untuk Proyek Pembangunan), Bumi Aksara, Jakarta, cet. 3 1990
Al-Banna, Hasan, "Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin (Buku ke-1)", Cetakan ke-12,
2005, Era Intermedia, Solo.

Ali, H. Mahrus, Membongkar kebohongan buku kyai NU menggugat

Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, (Jakarta, Amzah), 2009

Anshari, Endang Saefuddin, wawasan Islam; pokok-pokok pikiran tentang Islam dan umatnya
(Bandung: Pustaka Salman ITB, 1983)

Dafis, Gorden B., Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, (Jakarta: PT Pustaka
Binaman Presindo, 1984)

Davis, Keith, Human Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London:
1962)

Eddy Kuo (et.al), Communication Policy and planing in Singapura, 1983. cet. 1 diterjemahkan dengan judul “Kebijakan dan Perencanaan Komunikasi ; Pengalaman Singapura, penerjemah Nirwono, Jakarta, LP3ES, 1994
Fadli, Ahmad, Organisasi dan Administrasi, (Kediri: Manhalun Nasyiin Press, 2002) Handoko,

T. Hani, Dr., MBA. dan Reksohadiprodjo Sukanto, Dr. M.Com., 1996.
Organisasi Perusahaan. Edisi kedua, Yogyakarta : BPFE

Harits, A. Busyairi, Dakwah Kontekstual Sebuah Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer, (Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)

Hasyim, Sholeh, Spirit berIslam, Semarang: Pustaka Nuun. 2010.

Hilal, Syamsu, Gerakan Dakwah Islam di Indonesia karangan (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,

2003)

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1984, Sociology, Edisi keenam. International Student

Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.
Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, (Bandung. PT Remaja Rosdakarya. 2010) Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq. Yogyakarta, LPPI-UMY. 2007
John Ingleson, Jalan ke Pengasingan (Jakarta: PL3ES, 1983)

Kayo, Khatib Pahlawan, kepemimpinan Islam & dakwah, Amzah, Jakarta

, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2007)
KBBI, Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, Jkt. Edisi. III 2002
Mahmuddin, Manajemen Dakwah Rasulullah, Restu Ilahi, Jakarta, 2004

Mannan, Abdul, Budaya Organisasi Dakwah, (Jakarta: Madina Pustaka)

Muchtaram, Zaini, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah (Yogjakarta: Al-Amin Press, 1996, Cet. II)
Muhammad, Abdurrahman, Kepemimpinan Syura, Surabaya: Optima , 2010.

Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei, Metode Pengembangan Dakwah. (Bandung, Pustaka Setia, 2002)
Munir, M., Wahyu Ilaihi, Manajemen dakwah, Kencana Prenada Media Group, Jakarta,

2012

Mut’ah bin surtan alashimi, beda salaf dengan salafi, mandala71-73

Natsir, M., “Dakwah dan Tujuan” dalam serial media Dakwah, Dewan Dakwah Islamiah

Indonesia, No. 28
Middleton, John. Approaches to Communication Planning, Paris. Unesco

Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1945 (Jakarta: LP3ES, 1980)

Pasha, Kamil Musthafa dan Darban, Ahmad Adaby, Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Persfektif Historis dan Idiologis.
Rais, Amin, Cakrawala Islam, (Bandung: Mizan, 1991, Cet. III)

Robbins, Stephen P., Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994) Salbu, Manshur, Mencetak kader, Surabaya: Suara Hidayatullah Publishing, 2009.
Shaleh, ABD. Rosyad, Manajemen Da’wah Islam, Bulan Bintang, Jakarat, 1993

Shaleh, Rosyad. Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1977

Siagian, Sondang P., Peranan Staf dalam Manajemen. (Jakarta: PT. Toko Gunung Agung,

1996)

Siagian, Sondang, Filsafat Administrasi, (Jakaarta: Gunung Aung, 1996)

Siagian, Sondang, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi (Jakarta: Haji

Masagung, Cet. IV, 1989)

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New

York: Random House

Sule, Erni Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen. (Jakarta:Prenada

Media, 2006)

Syamakh, Amer, (2011). Al-Ikhwan Al Muslimun. Era AdicitraIntermedia.ISBN 978-602-

8237-90-1.

Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1986)

Taufiq, Mohammad, Quran in The Word Ver1.2.0,

Terry, George R. dan Leslie, Dasar-dasar Manajemen, (Jakarta: PT Bumu Askara, 2005) Terry, George R., Prisnsip-prinsip Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Askara, 2006)
Thaba, Abdul aziz, Islam dan Negara dalam Pilar Orde Baru (Jakarta: GIP, 1996) dalam buku
Gerakan Dakwah di Indonesia editor Ir. Syamsu Hilal (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,) Wilis, D. Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Yukl, Gary, Leadership in Organisasi, (Jakarta: Perhallinda, 1994) Majalah Sabili, No.17 TH.

XIII 9 Maret 2006 / 9 Shaf
Published
2021-03-01
How to Cite
miftakhuddin. (2021). Perencanaan Komunikasi Dalam Manajemen Organisasi Dakwah . An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(2), 49-72. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/277
Section
Articles