Media Dakwah Masyarakat Urban

  • Alim Puspianto
Keywords: Media, dakwah, masyarakat urban

Abstract

Kemajuan teknologi telah menghantarkan perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Lebih khusus masyarakat urban atau kota yang sangat terbuka dengan perubahan dan kemajuan yang ada. Mereka punya karakteristik dan life style yang berbeda dengan orang desa. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya lebih mengandalkan media media modern yang serba canggih dan instan sebagai solusinya. Termasuk di dalamnya adalah pemenuhan informasi tentang pengtahuan keagaamaan mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa keanekaragaman dan karateristik masyarakat yang berbeda membuat media dakwah yang dipakai oleh seorang da’i menjadi berbeda pula. hal ini dilakukan agar nilai nilai Islam bisa tersampaikan secara efektif kepada mad’u. Terkhusus dakwah di masyarakat urban atau perkotaan akan sangat berbeda dengan dakwah di pedesaan.

Dalam tulisan ini penulis membahas tentang media dakwah masyarakat urban. Dimana pada umumnya masyarakat urban adalah masyarakat mapan dan memiliki gaya hidup yang serba modern. Hal itu menjadikan mereka cenderung individualis. Dengan latar belakang pendidikan yang tinggi menjadikan wawasan mereka luas dan rasional. Sehingga seorang da’i yang berdakwah di masyarakat urban harus memiliki kemampuan yang cukup, baik itu kemampuan terkait keilmuan secara umum maupun kemampuan dan penguasaan media sebagai sarana dakwahnya.

Adapun simpulan dari tulisan ini diantaranya adalah dakwah untuk masyarakat urban perlu menggunakan media khusus. Diantaranya yaitu dengan menggunakan media modern yang berupa dakwah lewat media massa baik yang cetak maupun audio visual seperti televisi, dakwah lewat media radio, dan lain sebagainya.

Hal itu dilakukan karena hampir seluruh aktifitas masyarakat urban sangat erat kaitannya dengan media tersebut. Ditambah lagi dakwah lewat media internet dengan media sosial dan serba serbi di dalamnya. Selain itu juga kegiatan dakwah untuk masyarakat urban harus dibuat semenarik mungkin. Baik itu terkait masalah performance, pemilihan tempat dan tidak kalah penting adalah peralatan atau media yang digunakan dalam berdakwwah. Seperti LCD, laptop, pointer, jaringan internet, dan alat alat semisalnya. Dengan begitu diharapkan kegiatan dakwah akan tetap efektif dan bisa diterima oleh masyarakat urban.

References

Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, Jakarta: AMZAH, 2009
Arifin, Anwar Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi , Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011
Aripudin, Acep, Sosiologi Dakwah, Bandung: Remaja Rodakarya, 2013
Aripudin, Acep, Dakwah Antar Budaya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2012
Asmuni, Syukir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: al-Ikhlas, 1983
Ali Aziz, Moh, Ilmu Dakwah,Jakarta: Kencana, 2004
Aziz, Moh.Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2009
Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Press, 2000
Enjang AS, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widya Padjajaran, 2009
Hamzah, Ya’qub, Etos Kerja Islami, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1992
Junaidi, Fajar, Etika Komunikasi Di Era Siber, Depok: Rajawali Press, 2019
Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
McQuail, Denis, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika, 2011
Mufid, Muhammad, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Jakarta: Kencana, 2010
Mulyana, Deddy, Komunikasi Massa, Bandung: Widya Padjadjaran, 2008
Mungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2008
Nasikun, Sistem Sosial di Indonesia, Jakarta, Rajawali Pers, 1992
Nasrullah, Rully, Komunikasi Antarbudaya di Era Cyber, Jakarta: Kencana, 2014
Natsir, Muhammad, Fiqhud Da’wah, (Jakarta: Media Dakwah, 2000
Nurudin, Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial, Malang: Intra Publising, 2018
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014
Saifullah, Jakfar Puteh, Dakwah Tekstual Dan Kontesktual, Yogyakarta: AK Group, 2006
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Rajagrafindo, 1999
Syam, Yunus Hasyim, Manajemen Dakwah , Yogyakarta: Panji Pustaka, 2007
Syukir, Asmuni Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1983
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Ridwan, Aang, Komunikasi AntarBudaya, Bandung: Pustaka Setia, 2016
Romli, Khomsahrial, Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo, 2016
Tamburaka, Apriadi, Adenda Setting Media Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Published
2021-03-01
How to Cite
Alim Puspianto. (2021). Media Dakwah Masyarakat Urban. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 9(2), 73-94. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/278
Section
Articles