Peran Komunikasi dalam Komunikasi Dakwah

  • miftakhuddin
Keywords: peran, komunikasi, komunikasi dakwah

Abstract

Muhammad SAW sebagai seorang utusan  Allah  SWT, punya tugas utama membawa kabar gembira dan memberi peringatan kepada seluruh umat manusia. Kegiatan  penyampaian wahyu  dan  ajaran  beriman  kepada Allah biasanya  disebut  dakwah. Beliau melaksanakan fungsi dakwah ini selama 23 tahun. Para sejarahwan menbagi periode dakwah yang dilakukan oleh Muhammad SAW ke dalam beberap tahapan.  Dakwah tahap  pertama dilakukan secara sirriyah atau tetutup di lingkungan keluarganya sendiri dengan  sanak famili terdekat. Tahapan berikutnya, Kemudian Muhammad SAW melakukan dakwah secara jahriyah (terang-terangan). Meskipun dakwah ini belum memperoleh hasil yang menggembirakan. Dakwah  secara  luas mulai dilakukan,di periode Madinah. Setelah kaum muslimin mulai punya kekuatan dan disegani di Jazirah Arab dan pada akhirnya dakwah Islam bisa dapat diterima.

Berdakwah adalah proses mengkomunikasikan pesan-pesan Ilahiyah kepada orang lain. Agar pesan tersebut bisa dipahami dengan baik, diperlukan adanya penguasan komunikasi yang efektif. Muhammad SAW sebagai seorang utusan  Allah  SWT, punya tugas utama membawa kabargembira dan memberi peringatan kepada seluruh umat manusia. Kegiatan  penyampaian wahyu  dan  ajaran  beriman  kepada Allah biasanya  disebut  dakwah. Beliau melaksanakan peran dakwahnya selama 23 tahun. Para sejarahwan membagi periode dakwah yang dilakukan oleh Muhammad SAW ke dalam beberapa tahapan.  Dakwah tahap  pertama dilakukan secara sirriyah atau tertutupdi lingkungan keluarganya sendiri dengan sanak famili terdekat, meskipun dakwah ini belum memperoleh hasil yang mnggembirakan. Tahapan berikutnya, kemudian Muhammad SAW melakukan dakwah secara jahriyah (terang-terangan). Dakwah secara  luas mulai dilakukan di periode Madinah. Setelah kaum muslimin mulai punya kekuatan dan disegani di Jazirah Arab dan pada akhirnya dakwah Islam bisa dapatditerima.

Peran kerasulan yang ditugaskan kepadaMuhammad SAW menuntutnya untuk memiliki sifat-sifat yang mulia agar apa yang disampaikan dapat diterima dan diikuti oleh umat manusia. Ada banyak sifat-sifat mulia yang dimiliki Muhammad SAW sebagai seorang pembawa risalah dakwah. Sifat-sifat itu antara lain disiplin waktu, memberikan teladan, komunikasinya  efektif selalu dekat dengan umatnya, memberi wewenang serta pengkaderan.

Dengan demikian komunikasi memegang peranan yang sangat penting di dalam menentukan dan memastikan seorang pemimpin pembawa risalah untuk senantiasa bekerja lebih produktif, efektif, dan efesien untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Tanpa komunikasi maka proses kepemimpinannya tidak akan berlangsung dengan baik. Dalam konteks inilah dapat juga dikatakan bahwa kepemimpinan pada hakekatnya juga proses komunikasi secara terus menerus, dalam pengertian komunikasi dilakukan oleh seorang pembawa risalah ilahi.

References

Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer sebuah Studi Komunikasi, Graha Ilmu,Yogyakarta, 2011

Abu Faris, Muhammad. Al Sirah an Nabawiyah, Dirasah tahliliyah,Aman: Dar- al Furqan,1997.

Al-Syalabi, Ali Muhammad, Fiqh al-Tahkin fial-Wur'qrz,Aman:Dar-al Bayariq, 1999.

Atha, Abdul Qadir Ahmad.Adabun Nabi:Meneladani AkhlaqRasulullah,Jakarta: PustakaAzzam, 1988.

Al-Audah, Salman. Al-Ghuraba'u wa al-awwalin, Duman: Dar Ibnual-Jauzi,199l.

Al Bukhori, Shahih Al-Bukhori, Libanon: Beirut, 1991.
Al-Ghazali, Muhammad. Khuluq Muslim, Darul Qalam,Damaskus,2003.

Antonio, Muhammad Syafi’i,The Super Leader Super Manager.Prophetic Leadership and Manajemen center, Jakarta, 2007

Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, AMZAH , Jakarta, 2009
Cholil, Moenawar. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad, Jakarta:Gema lnsani,2001.

Depag, Al Qur’an dan Terjemahannya, al Madinah al Munawwarah, 1418 H

Ghazali, M Bahri. Dakwah Komunikatif, Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta, 1997

Haikal, M. Husen.Sejarah Hidup Muhammad, Terjemahan AliAudah, Bogor: Litera Antar Nusa, 2002.

Hamidi, Teori Komunikasi dan Strategi Dakwah, UMM Pres, Malang, 2010

Ilahi, Wahyu. Komunikasi Dakwah, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2010

Rivai, Veithzal. Islamic Leadership. Bumi Aksara, Jakarta, 2009
Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Gaya Media Pratama, Jakarta, 1997
Published
2022-03-01
How to Cite
miftakhuddin. (2022). Peran Komunikasi dalam Komunikasi Dakwah. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(2), 46-67. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/annida/article/view/401
Section
Articles