STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA DI KOTA METROPOLITAN (STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM LUQMAN Al-HAKIM SURABAYA)
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Promosi Perguruan Tinggi Islam Swasta di Kota Metropolitan dengan studi kasus di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Luqman Al-Hakim Surabaya. Dilatarbelakangi oleh pencapaian jumlah mahasiswa yang meningkat tiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan STAI Luqman Al-Hakim Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek peneliti dalam penelitian ini adalah divisi marketing dan communication di STAI Luqman Al-Hakim Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Comunication (IMC), yakni Marketing Mix oleh Kotler dan Keller.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran dalam mempromosikan STAI Luqman Al-Hakim Surabaya telah menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC), yakni Marketing Mix 7P atau bauran pemasaran meliputi strategi product, price, place, phisycal evidence, people, process, dan promotion.
Program promosi yang dilakukan adalah pembuatan tools promotion, penguatan dan optimalisasi tim promosi, presentasi dan networking, iklan dan publikasi di media online, cetak, dan elektronik, optimalisasi website, penguatan branding di media sosail, optimalisasi jaringan ikatan alumni, referensi SMA almamater mahasiswa, optimalisasi buzzer stail, open house mahasantri, beasiswa atau diskon biaya kuliah.
References
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
———. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revi. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Cetakan ke. Jakarta: Rajawali Perss, 2017.
Belch, George E., and Michael A. Belch. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. 7th Editio. New York: McGraw-Hill, 2007.
Clow, Kenneth E., and Donald Baack. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. 6th Editio. Boston: Pearson, 2014.
Fitzsimmons, James A., and Mona J. Fitzsimmons. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology. 6th Editio. New York: McGraw Hill, 2008.
Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran. Edited by Adi Maulana. Jakarta: Erlangga, 2012.
Kanner, Alen J., and Dinesh Malhotra. Direct Marketing in Action: Cutting-Edge Strategies for Finding and Keeping the Best Customers. McGraw-Hill, 2007.
Keller, Kevin Lane, and Vanitha Swaminathan. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Edisi keli. United Kingdom: Pearson Education Limited, 2020.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong. Dasar-Dasar Pemasaran. Edited by Alexander Sindoro. Edisi 9. Jakarta: Indeks, 2003.
———. Marketing: An Introduction. Internatio. New Jersey: Prentice Hall, 2005.
———. Principles of Marketing. 13th ed. New Jersey: Pearson Education, 2010.
———. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 1997.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Marketing Management. 15th ed.,. London: Pearson Education, 2016.
Marketing, Tim Humas. Program Kerja Pemasaran STAI Luqman Al-Hakim Surabaya 2022/2023: 11 Action Plan Marketing, 2022.
———. Rencana Strategis Komunikasi Pemasaran STAI Luqman Al-Hakim Surabaya 2022/2023, 2022.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Morissan. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana, 2010.
Nagle, Thomas T., John Hogan, and Joseph Zale. The Strategy and Tactics of Pricing. Fifth Edit. New York: Routledge, 2016.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. Edited by Risman Sikmumbang. Bogor: Ghalia Indonesia, 2009.
Octora, H, and S Alvin. “Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Digital Pada Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Untar.” … : Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik (2022). https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/3098.
Pride, William M., and O. C. Ferrell Ferrell. Marketing: South-Western: Cengage Learning, 2010.
Rosenbloom, Bert. Marketing Channels: A Management View. South-Western: Cengage Learning, 2013.
Shimp, Terence A. Periklanan & Promosi : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi 5. Jakarta: Erlangga, 2003.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
Yetiska, Y. “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Meningkatkan Image Pada Sebuah Universitas (Studi Kasus Universitas Kristen Indonesia).” IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan …. journals.upi-yai.ac.id, 2019. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/442/324.
Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner, and Dwayne D. Gremler. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. New York: McGrow-Hill, 2006.
“Profil Perguruan Tinggi.” https://pddikti.kemdikbud.go.id/data_pt/MTUzQjM1ODAtNEM0Ri00RTMyLUFFMDktNzExQjMzN0Y0QjE4.
“Sejarah Dan Perkembangan STAIL.” https://stail.ac.id/sejarah/.