TANTANGAN MEDIA DAKWAH DI ERA GLOBAL
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi, penyebaran dakwah islamiyah bisa dilakukan melalui media modern yang canggih. Media tersebut meliputi media televisi, radio, media cetak maupun internet. Sehingga untuk lebih mengefektifkan kegiatan dakwah maka diperlukan sebuah media yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kondisi tersebut adalah sebuah wujud keseriusan para penggiat dakwah dalam menyiarkan Islam di era global. Terkait hal tersebut maka peneliti mengangkat sebuah tema bagaimana perkembangan dan tantangan media dakwah di era globalisasi seperti sekarang ini
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan dan tantangan media dakwah di era globalisasi. Adapun metode yang digunakan adalah kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan kajian yang mendalam dan dengan literatur yang relevan serta sesuai dengan tema bahasan harapannya akan tersaji sebuah gambaran secara detail bagaimana perkembangan dan tantangan dakwah di era global. Sehingga bisa dijadikan sebagai tambahan referensi baru terkait dengan pembahasan tantangan dakwah di era global.
Adapun simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan dakwah sebagai kunci utama tersebarnya agama Islam harus dikemas dan disajikan dengan strategi penyampaian yang bisa mengikuti perkembangan di era global. Sehingga aktivitas dakwah tidak hanya monoton pada ceramah-ceramah di masjid atau tabligh akbar yang sifatnya konvensional. Saat ini, dakwah harus menggunaan media dakwah modern. Begitu juga dalam hal konten dakwah harus menarik dan mampu masuk ke semua kalangan mulai anak anak sampai usia senja. Dalam simpulannya penelitian ini menyajikan tantangan media dakwah baik media cetak, elektronik dan madia online.
References
A. Qodri Azizy, Melawan Globalisasi; Reinterpretasi Ajaran Islam, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2004).
Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992). Awaludin Pimay, Paradigma Dakwah Humanis, (Semarang: RaSAIL, 2015).
Andi Dermawan, Ibda’ Bi Nafsika; Tafsir Baru Keilmuan Dakwah, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005).
Awaluddin Pimay, Metodologi Dakwah, (Semarang: Rasail, 2006).
Aminuddin Sanwar, Pengantar Ilmu Dakwah, (Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 1985).
Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983). Anwar Arifin, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi , (Yogyakarta: Graha
Ilmu, 2011).
Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian. (Yogyakarta: Teras, 2009). Ahmad Tanzeh, Metotologi Penelitian Praktis. (Yogyakarta:Teras, 2011).
A. Qodri Azizy, Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).
A. Rosyad shaleh, Management Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1977). Asep Muhyiddin, Metode Pengembangan Dakwah. (Bandung: Pustaka Setia, 2002). Amar Ahmad, Dinamika Komunikasi Islami di media Online. Dalam Jurnal Ilmu
Komunikasi , Vol. 11, Nomor 1, Januari-April 2013.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka Depdikbud,
1990).
Didin Hafiduddin, Dakwah Aktual, (Jakarta: Gema Insani Press, 1998). Effendy, Dinamika Komunikasi, (Bandung: Remaja Karya, 1986).
Enjang AS, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, (Bandung: Widya Padjajaran, 2009). Hamka. Tafsir Al Azhar. (Surabaya: Pustaka Islam, 1960).
HM. Kholili, Komunikasi Untuk Dakwah; Suatu pengantar, (Yogyakarta: Tiara
Wacana, 2009).
Hoetomo, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Surabaya: Mitra Pelajar, 2005). Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: Rajawali Press, 2000). Ibnu Katsir, Tafsir Ibnu Katsir. (Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2003). Jalaluddin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, (Bandung: Rosdakarya, 2008).
Jakfar Puteh dan Saifullah, Dakwah Tekstual Dan Kontesktual, (Yogyakarta: AK Group, 2006).
Kontjaraningrat, Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia, 1983).
Khatib Pahlawan Kayo. Kepemimpinan Islam dan Dakwah. (Jakarta: Amzah, 2005). L.Stoddard, The New World of Islam (Dunia Baru Islam), (Terj. M. Muljadi
Djojomartono). Malang: Panitia Dunia Baru Islam, 1966).
Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: PT. Hidakarya Agung, 1998).
M. Munir dan Wahyu Ilaihi,, Manajemen Dakwah. (Jakarta: Pranada Media, 2006). Muhammad Mufid, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, (Jakarta: Kencana, 2010). Muhammad Sayyid Al-Wakil, Prinsip Dan Kode Etik Dakwah (Jakarta: Akademika
Pressindo, 2002).
Moh. Ali Aziz. Ilmu Dakwah. (Jakarta: Kencana, 2009).
M. Sadat Ismail, Benturan Antar peradaban dan Masa Depan Politik Dunia,
(Yogyakarta: Qalam, 2000).
Moh. Ali Azis, Peluang dan Tantangan Dakwah di Era Global dan Revitalisasi Fakultas Dakwah. (Jakarta, Kerjasama Fakultas Dakwah IAIN Mataram dan Sentra Media, 2011).
Moh Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003).
Nur Ahmad, Tantangan Dakwah di Era Teknologi dan Informasi. Dalam Jurnal At- Tabsyir; Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Volume 1, nomor 1, Januari- Juni 2013.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosda
Karya, 2005).
Onong Uchyana Effendy, Komunikasi Dakwah, (Bandung: Remaja rosdakarya,
1986).
Purnamawati dan Eldarni, Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali, 2001).
Ropingi el Ishaq, Dakwah di Tengah Industrialisasi Media. Dalam Jurnal
Komunikasi Islam Volume 03, Nomor 01, Juni 2013.
Suharsimi Arikunto, Metodelogi Penelitian. (Yogyakarta: Bina Aksara, 2006). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R
dan D. (Bandung: Alfabeta, 2009).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Bina
Aksara, 1989).
Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Al-Hasani. Kiat Sukses Dalam Berdakwah,
(Jakarta: Amzah, 2006).
Samsul Munir Amin, Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam, (Jakarta: Amzah, 2008). Wahyu Ilaihi, Komunikasi Dakwah. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
Yusuf al-Qardhawi, Islam dan Globalisasi Dunia, (Jakarta: CV. Pustaka Al-Kautsar,
2001).