KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA BARU FACEBOOK UNTUK PENGGALANGAN DANA WAKAF ( STUDI KASUS RAMADHAN TAHUN 2020 DI YAYASAN ROUMAH WAKAF HIDAYATULLAH SURABAYA)
Abstract
Facebook merupakan salah satu media sosial yang digunakan Roumah Wakaf sebagai sarana yang efektif. Facebook tidak hanya dapat dilihat oleh semua orang, tetapi juga media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat umum. Akun Facebook Roumah Wakaf sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dengan mengunggah kontenterkait Wakaf dan Zis yang dirancang sebagai meme, flayer, foto dan video pendek sesuai program tim Markom Roumah Wakaf.
Menurut peneliti, keberadaan media baru Facebook Roumah Wakaf memberikan jangkauan yang luas sehingga memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus mengunjungi langsung lokasi Lain Roumah Wakaf. Selain itu, akun Facebook Roumah Wakaf mengajak masyarakat untuk menerapkan nilai-nilai kebaikan dan danpak positifnya.
References
Fajariana Endah Dewi & Untari Dewi, (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Akun @ Subur Batik, Widya Cipta. Jurnal Sekretaris Dan. Vol. 2. No.2. hh. 272-273.
Faramitha Sari, (2019). Efektivitas Komunikasi Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kantor Cabang Medan Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Muslim Kota Medan Melelui Media Sosial, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan, hh. 19-20.
Irwansyah & Ayu Nenden Assyfa Putri, (2021). “Efektivitas Komunikasi dalam Pembelajaran Online” Jurnal Bisnis Informasi dan Teknologi. Wow 3, No.1, h. 56
Indrawan Jerry, Efriza, Almar Anwar, (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik, Medium, Vol. 8. No. 1. h. 3.
Ibrahim Malik Nur, (2019). Strategi Fundraising Berbasis Media Sosial Di Baitul Maal Hidayatullah Bengkulu, Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. hh. 30-31.
Idrus Ali, Syaifullah Hamli, Umar, Manajemen Pengembangan Wakaf Produktif Era Digital di Lembaga Wakaf, Vol. 2 No. 2. Juni 2019, Hlm. 8
Hamid (2010). Teori Komunikasi dan Strategi Dakwah, Malang: Pers UMM. HH 4-5 https://www.bwi.go.id/3629/2007/09/17/ Undang-undang-no-41-tahun-2004-tentang- wakaf/
Hozila Lala, (2019). Siaran Radio Komunikasi Suara, Jakarta Barat: melanjutkan Kampustaka, hh. 38-39.
Krinala Efina, Hidayat Fauzi, Kartika Chandra, Pengaruh relationship Marketing, Komunikasi Pemasaran dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Prilaku Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Vasa Hotel Surabaya, Pustaka, Vol. 06 No. 02, November 2019, Hlm. 3
Mukarom Zaenal, (2021). Kontextbasierte Kommunikationstheorien, Bandung: Pt.
Rosdakarya-Jugend, h. 39
Musyafa Mahin, (2021). Efektivitas Pengelolaan Wakaf Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Manusia Studi Kasus Pengelolaan Wakaf Indonesia di Kabupaten Jepara. Semarang: September B. 7
Nurhadi Fachrul Zikri & Kurniawan Wildan Achmad, (2017). Kajian EfektivitasPesan dalam Komunikasi, Jurnal Komunikasi, Vol.3. Nomor 1. HH. 90-91.
Nurul Alfiatus S, Shelna Azima A, Dindha Ayu B, Moh Khoirul H, Ratna Y, (2021). Peran Amal dalam Kesejahteraan Masyarakat Global (Studi Kasus Aksi Cepat Tanggap Madiu), Jurnal Filantropi Islam dan Vol.1. Nomor 1.H.28.
Octavia Graceica, Sari Purnama Wulan, (2018). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting, Prologia, Vol. 2 No. 2. h. 341.
Pratama Anugerah Yudha, (2022). Efektivitas kerja bakti BMH Hidayatullah terhadap masyarakat di perkotaan Bengkulu, hh. 28-29
Purbohastuti Wahyuni Arum, (2017). “Efektifitas Media Sosial Sebagai Media Promosi” Tirtayasa Ekonomika. buku harian unarta Volume 12, No.2. Std. 215
Qahaf Mundzir, Manajemen Wakaf Peoduktif, Jakarta Timur: Khalifa ( Pustaka Al-Kausar Grup), 2005, Hlm. 1-2
Rizal Fitra & Mukaromah Haniatul, (2021). Filantropi Islam adalah solusi dari permasalahan kemiskinan akibat pandemi Covid-19, AL-MANHAJ. Jurnal Hukum, Vol. 3 no.1.hh. 42-43.
Ri’aeni Ida, (2015). Penggunaan New M edia dalam Prom osi Pariwisata Daerah Situs Cagar Budaya di Indonesia, Jurnal komunikasi, Vol. 9. No. 2. h. 191.
Setiadi Ahmad, (2016). “Social Media for effective communication nutzen” Jurnal Cakrawala Humaniora. TP 5-6.
Setyani Ekawati Aisyah, (2018). “Efektivitas Strategi Penggalangan Dana Wakaf Berbasis Wakaf Online dalam Aksi Cepat Tanggap Global Wakaf Yogyakarta” hlm. 26-27.
Sari Purnama Wulan, Octavia Graceica, Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting, Pustaka, Vol. 2, No. 2, Desember 2018, Hlm. 341
Setyorini, Retno, Fadillah Nurul Syifa, Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Untuk Menciptakan Loyalitas Pelanggan Pada Media Sosial Istragram Daarut Tauhid Wakaf Bandung, Pustaka, Vol. XV No.02 Januari 2021, Hlm. 103
Skripsi, Arrasya, Nurina Syafira, Literasi Wakaf Untuk Pemberdayaan Wakif Berbasis Platfrom Media Digital ( Studi Kasus di Badan Wakaf Indonesia) Hlm. 7
Sagala Yanti Juli Novi, Sitepu Elisabeth, , Pengaruh Komunikasi Melalui Grup Whatsapp Untuk Meningkatkan Kinerja Kariawan PT. Smartphone Lenovo Medan, Pustaka, Vol. 6 No.1, April 2021, Hlm. 24
Skripsi, Ibrahim Malik, Strategi Fundraising Berbasis Media Sosial di Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Bengkulu, Hlm. 29-30
Saebani Ahmad Beni, Afifudin, Metode Penelitian Kualitatif, CV. Pustaka Setia, Hlm. 165
Skripsi, Setyani Ekawati Aisyah, Efektivitas Strategi Fundraising Wakaf Berbasis Wakaf Online di Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap Yogyakarta, Hlm. 26-27
Sugiono, (2019). Metode penelitian kualitatif kuantitatif, Bandung: Alfabet, hal. 323. Ulum Chazienul M, (2016). Perilaku organisasi dalam orientasi pemberdayaan, Malang: Pers UB. H.82.
Syuhada Bagus Imam, (2012). Strategi Marketing Komunikasi Media Online Detik.
Com, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol. XI No. 2. h. 178.
Tesis, Musyafa Mahim, Efektivitas Pengelolaan Wakaf Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Umat, Efektivitas Pengelolaan Wakaf Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Umat Studi Kasus Badan Wakaf Indonesia Di Kabupaten Jepara, Hlm. 19
Ulum, Chazienul M, Perilaku Organisasi : Menuju Orentasi Pemberdayaan, (Malang: UB Press, 2016), Hlm. 82
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004, Tentang Wakaf, https://kepri.kemenag.go.id/public/files/18092017114641627351890.pdf, di Akses 23 Juli 11:41 WIB
Wanda Hanifah, K.Y.S. Putri, (2018). Efektifitas Google Classroom Communication sebagai Pembelajaran Jarak Jauh Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta 2018 Ilmu Komunikasi, MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3. Tidak. 2. hlm. 27-28
Wardi Retno & Cut Alma Nuraflah, (2022). Efektivitas Media Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Universitas Dharmawangsa, Journal of Social Opinion, Vol.1. TIDAK. 1 pagi 47
Yusuf Pawit, (2010). Teori dan Praktek Komunikasi Pendidikan, Jakarta: negara yang kasar
Yustati Herlina, (2019). Efektivitas Instagram Sebagai Sarana Filantropi Islam bagi Mahasiswa, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol.5. TIDAK. 1. hh. 92- 93.
Zamroni Muhammad, (2009). Filsafat Komunikasi Pengantar ontologi, epistemologi, aksiologi, Yogyakarta:Rumah Ilmu. hh. 4-5