HAKEKAT PERENCANAAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM MANAJEMEN ORGANISASI DAKWAH

  • miftakhuddin
Keywords: Hakekat perencanaan, Komunikasi Islam, Manajemen, Organisasi dakwah

Abstract

Perencanaan merupakan suatu kegiatan yang mutlak perlu dilakukan, baik oleh peribadi, kelompok maupun organisasi. Perencanaan juga pada hakekatnya adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terus menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tujuan tertentu. Karenanya sebuah perencanaan harus dilakukan jauh sebelum kegiatan dilaksanakan, khususnya bagi  organisasi.

Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. maka komunikasi Islam menekankan pada unsur pesan (message), yakni risalah atau nilai-nilai Islam, dan cara (how), dalam hal ini tentang gaya bicara dan penggunaan bahasa (retorika). Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam), dan akhlak (ihsan).

Untuk itu sebuah perencanaan, apalagi tentang perencanaan komunikasi suatu organisasi akan memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan komunikasi bila melakukan tahapan-tahapan berikut ; memahami hakekat perencanaan komunikasi, pendekatan perencanaan, dan langkah-langkah kegiatan komunikasi. Adapun hakekat perencanaan merupakan langkah awal sebuah kegiatan dalam bentuk memikirkan hal-hal yang  terkait  agar  memperoleh  hasil  yang  optimal. Bila melakukan perencanaan  tersebut tujuan dari komunikasi yang dibangun akan bisa dicapai dengan efektif dan efesien.. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan proses manajemen dalam organisasi dakwah. Manajemen dakwah adalah suatu proses merencanakan tugas, mengelompokkan, menghimpun, dan menempatkan tenaga-tenaga pelaksana dalam kelompok tugas yang disusun, dan kemudian menggerakkannya kearah pencapaian tujuan dakwah. Dengan melaksanaan proses manajemen dakwah dapat semakin berhasil dan berpengaruh lebih luas.

References

Abda, Slamet Muhaimin, Prinsip-Prinsip Metodologi Dakwah, (Surabaya: Usaha Nasional
1994)

Abdullah, Dzikron, Metodologi Dakwah, Diktat Kuliah, (Semarang: F.Dakwah IAIN Walisonggo, 1988)

Achmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. (Yogyakarata: Prima Duta, 1983). Alam, Datuk Tombak, Kunci Sukses Penerangan dan Dakwah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)
Aji, Firman B., Perencanaan dan Evaluasi (Suatu Sistem Untuk Proyek Pembangunan), Bumi Aksara, Jakarta, cet. 3 1990
Al-Banna, Hasan, "Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin (Buku ke-1)", Cetakan ke-12,
2005, Era Intermedia, Solo.


Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, (Jakarta, Amzah), 2009

Anshari, Endang Saefuddin, wawasan Islam; pokok-pokok pikiran tentang Islam dan umatnya
(Bandung: Pustaka Salman ITB, 1983) Ali bin Muhammad bin Ali al-Zain al-Syarif Al-Jurjani, Al’Ta;rifat, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1403-1983)

Alimuddin, Nurwahidin, Konsep Dakwah Dalam Islam, Jurnal Hunafa, Vol. 4 Maret 2007.

Dafis, Gorden B., Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, (Jakarta: PT Pustaka
Binaman Presindo, 1984)

Davis, Keith, Human Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London: 1962)

Dwi, Anugrah, Unsur Manajemen Dalam Fungsi Manajemen, https://feb.umsu.ac.id/unsur-manajemen-dalam-fungsi-manajemen.

Eddy Kuo (et.al), Communication Policy and planing in Singapura, 1983. cet. 1 diterjemahkan dengan judul “Kebijakan dan Perencanaan Komunikasi ; Pengalaman Singapura, penerjemah Nirwono, Jakarta, LP3ES, 1994
Fadli, Ahmad, Organisasi dan Administrasi, (Kediri: Manhalun Nasyiin Press, 2002) Handoko.

Fajriani Mokodompit, Nurul, Konsep Dakwah Islamiyah, Ahsan: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol. 1 no. 2 2022

Ghulusy, Ahmad, ad-Da’watul Islamiyah, (Kairo: Darul Kijab.1987)

Hani T, Dr., MBA. dan Reksohadiprodjo Sukanto, Dr. M.Com., 1996.
Organisasi Perusahaan. Edisi kedua, Yogyakarta : BPFE

Harits, A. Busyairi, Dakwah Kontekstual Sebuah Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer, (Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)

Hasyim, Sholeh, Spirit berIslam, Semarang: Pustaka Nuun. 2010.

Hilal, Syamsu, Gerakan Dakwah Islam di Indonesia karangan (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,

2003)

Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1984, Sociology, Edisi keenam. International Student

Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.

Halah Abdul ‘Al al-Jamal, Fann al-tawashul fi al-islam, Cet. 1, 2008.

Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, (Bandung. PT Remaja Rosdakarya. 2010) Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq. Yogyakarta, LPPI-UMY. 2007
John Ingleson, Jalan ke Pengasingan (Jakarta: PL3ES, 1983)

Kayo, Khatib Pahlawan, kepemimpinan Islam & dakwah, Amzah, Jakarta

, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2007)
KBBI, Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, Jkt. Edisi. III 2002
Mahmuddin, Manajemen Dakwah Rasulullah, Restu Ilahi, Jakarta, 2004

Mannan, Abdul, Budaya Organisasi Dakwah, (Jakarta: Madina Pustaka)

Muchtaram, Zaini, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah,(Yogjakarta: Al-Amin Press, 1996 Cet.II)
Muhammad, Abdurrahman, Kepemimpinan Syura, Surabaya: Optima , 2010.

Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei, Metode Pengembangan Dakwah. (Bandung, Pustaka Setia, 2002)
Munir, M., Wahyu Ilaihi, Manajemen dakwah, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2012

Mut’ah bin surtan alashimi, beda salaf dengan salafi, mandala71-73

Miftakhuddin, Manajemen Organisasi Dakwah Islam, An-Nida’: Jurnal Prodi Komunikasi Penyiaran Islam,Vol. VIII No. 1, september 2019-Februari 2020

Natsir, M., “Dakwah dan Tujuan” dalam serial media Dakwah, Dewan Dakwah Islamiah Indonesia,

Middleton, John. Approaches to Communication Planning, Paris. Unesco

Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1945 (Jakarta: LP3ES, 1980)

Pasha, Kamil Musthafa dan Darban, Ahmad Adaby, Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Persfektif Historis dan Idiologis.
Rais, Amin, Cakrawala Islam, (Bandung: Mizan, 1991, Cet. III)

Robbins, Stephen P., Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994) Salbu, Manshur, Mencetak kader, Surabaya: Suara Hidayatullah Publishing, 2009.
Shaleh, ABD. Rosyad, Manajemen Da’wah Islam, Bulan Bintang, Jakarat, 1993

Shaleh, Rosyad. Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1977

Siagian, Sondang P., Peranan Staf dalam Manajemen. (Jakarta: PT. Toko Gunung Agung,

1996)

Siagian, Sondang, Filsafat Administrasi, (Jakaarta: Gunung Aung, 1996)

Siagian, Sondang, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi (Jakarta: Haji

Masagung, Cet. IV, 1989)

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New

York: Random House

Sule, Erni Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen. (Jakarta:Prenada

Media, 2006)

Syamakh, Amer, (2011). Al-Ikhwan Al Muslimun. Era AdicitraIntermedia.ISBN 978-602-

8237-90-1.

Syukir, Asmuni, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1983

Taufiqurokhman, Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan, Fakultas ISIP Univesitas Prof. Dr. Moestopo Beragama, Jakarta, 2008

The New American Webster Dictionary, (New York: A signet Book)

Taufiq, Mohammad, Quran in The Word Ver1.2.0,

Terry, George R. dan Leslie, Dasar-dasar Manajemen, (Jakarta: PT Bumu Askara, 2005) Terry, George R., Prisnsip-prinsip Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Askara, 2006)
Thaba, Abdul aziz, Islam dan Negara dalam Pilar Orde Baru (Jakarta: GIP, 1996) dalam buku
Gerakan Dakwah di Indonesia editor Ir. Syamsu Hilal (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,) Wilis, D. Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Yukl, Gary, Leadership in Organisasion, (Jakarta: Perhallinda, 1994) Majalah Sabili, No.17/ Maret 2006
Published
2024-03-11
How to Cite
miftakhuddin. (2024). HAKEKAT PERENCANAAN KOMUNIKASI ISLAM DALAM MANAJEMEN ORGANISASI DAKWAH . An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 12(2), 111-139. https://doi.org/10.61088/annida.v12i2.718
Section
Articles