MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH

  • Mohammad Nurul Huda
Keywords: sekolah, pemasaran

Abstract

Manajemen pemasaran merupakan salah satu cara untuk mengenalkan dan untuk mengembangkan  kualitas dan kuantitas yang dimiliki sekolah kepada masyarakat dan para konsumen dengan proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diingikan dengan menciptakan, menawaran produk-produk yang dimiliki  sekolah, karena pemasaran merupakan disiplin ilmu yang digunakan oleh suatu sekolah untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

SedangkanManajenen pemasaran sekolah merupakan manajemen dengan sistem yang berlandaskan pada hakikat saling berhubungan antara semua bidang fungsional dalam sebuah lembaga Pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan di bidang pemasaran yang berorientasi pada konsumen untuk mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaan untuk membantu lembaga/ sekolah mencapai sasarannya.

Pentingnya pemasaran disuatu sekolah adalah untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang produk-produk lembaga pendidikan dan meningkatkan minat dan membedakan produk lembaga pendidikan dengan produk lembaga pendidikan yang lain dan menstabilkan eksisensi dan kebermaknaan lembaga pendidikan di masyarakat dan untuk mendapatkan pelanggan yang disesuaikan dengan target, baik itu yang berkaitan dengan kualitas maupun kuantitas dari calon pelanggan (siswa)

Published
2019-09-03
How to Cite
Mohammad Nurul Huda. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 24-43. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/122
Section
Articles