Kepemimpinan Pendidikan dalam Tinjauan Ilmu Shorof

  • Damanhuri
Keywords: Kepemimpinan Pendidikan, Perubahan, ilmu shorof

Abstract

Ilmu Shorof merupakan salah satu ilmu bahasa Arab yang mengkaji tentang keadaan sebuah kata. Bahasan Shorof meliputi bagaimana pembentukan kata tersebut, apakah terbentuk dari huruf-huruf yang shohih atau tidak, kata tersebut mengikuti wazan apa, dan lain sebagainya  yang terkait dengan kata. Lingkup pembahasan ilmu shorof tidak keluar dari sebuah kata, artinya kata sebagai individu. Satu kata dalam bahasa Arab memiliki patokan standar, patokan ini yang disebut wazan. Dalam kajian ini akan dibahas tentang konsep kepemimpinan pendidikan dalam konsep ilmu shorof. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep kepemimpinan pendidikan dalam konsep ilmu shorof. Ringkasnya, kajian ini akan menjawab bagaimana ilmu shorof, yang merupakan salah satu kajian dalam bahasa Arab, berbicara tentang konsep kepemimpinan pendidikan. Karena objek kepemimpinan dan objek kajian ilmu shorof itu berbeda, maka sangat mungkin banyak interpretasi terhadap kata sebagai kajian ilmu Shorof dikomparasikan dengan pemimpin sebagai figur yang memiliki peran dan fungsi kepemimpinan.

Published
2019-09-13
How to Cite
Damanhuri. (2019). Kepemimpinan Pendidikan dalam Tinjauan Ilmu Shorof. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 63-81. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/4
Section
Articles