Komunikasi Organisasi Pesantren : Konsep dan Strategi Komunikasi Pengembangan Organisasi Pesantren Hidayatullah
Abstract
Perkembangan pesantren Hidayatullah sebagai salah satu organisasi sosial keagamaan di Indonesia menjadi perhatian menarik bagi organisasi keagamaan lain yang lebih dulu ada. Perhatian ini cukup beralasan karena dalam kurun waktu yang relatif singkat pesantren Hidayatullah telah tersebar di seluruh pelosok nusantara
Pertama, terkait dengan konsep komunikasi yang diterapkan dalam proses pengembangan organisasi di lingkungan pesantren hidayatullah adalah menerapkan konsep yang didasari oleh pemahaman ajaran Islam. Kedua, terkait dengan strategi manajemen komunikasi yang diterapkan dalam pengembangan organisasi adalah manajemen komando imamah jama’ah. Dalam aplikasinya menggunakan doktrin ideologi tauhid sebagai falsafah dan ta’at serta patuh pada imam sebagai doktrin operasional. Ketiga, dalam tataran pelaksanaan manajerial organisasi, faktor esoteris sangat berpengaruh dan menjadi determinator faktor eksoteris. Faktor esoteris adalah prinsip sedangkan eksoteris adalah manifestasi.
Temuan ini memiliki arti penting bagi pemerhati pengembangan organisasi khususnya tentang konsep dan strategi komunikasi pengembangan organisasi keagamaan. Jadi menurut temuan ini pengembangan organisasi akan bisa memperoleh hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien apabila pertama, menjadikan nilai-nilai dan konsep pemahaman agama sebagai pedoman dalam menjalankan semua aktifitas organisasi. Kedua, bahwa dalam menjalankan strategi komunikasi pengembangan organisasi, akan mencapai tujuan pengembangan organisasi secara maksimal apabila menggunakan pendekatan manajemen komando imamah jama’ah.
References
Aji, Firman B. 1990. Perencanaan dan Evaluasi (Suatu Sistem Untuk Proyek Pembangunan), Bumi Aksara, Jakarta, cet. 3
Alex S. Nitisemito, 1989. Manajemen Suatu Dasar dan Pengantar, Ghalia Indonesia, Jakarta, cet.1
Barry Cushway and Derej Logde, 1995. Organisational Behavior and Design, (Perilaku dan Desain organisasi) alih bahasa, Sularno Tjiptowardojo, Jakarta. PT. Elex Media Komputindo,