Realitas Komunikasi Pembangunan Dalam Aktivitas Dakwah

  • Miftakhuddin
Keywords: Realitas, Komunikasi Pembangunan dan Aktivitas Dakwah

Abstract

Permasalahan komunikasi pembangunan perlu dikaji terus, karena perjalanan kehidupan pun terus berlangsung, dan semua orang ingin sejahtera secara materiel, juga memiliki ketentraman secara spiritual, sehingga hidup di dunia menyenangkan, dan pelaksanaan aktivitas dakwah yang bersifat spiritual pun lebih optimal.

Program pembangunan merupakan agenda utama yang terus dilaksanakan tiap Negara, baik Negara maju, Negara berkembang apalagi Negara terbelakang. Dengan pembangunan kredibilitas  kehidupan bisa ditingkatkan,  baik aspek materi maupun non materi. Bertolak dari sinilah maka  gagasan pembangunan senantiasa dikomunikasikan, sehingga pada gilirannya mencuat apa yang  diistilahkan dengan komunikasi pembangunan. Dalam prakteknya ia menggunakan media massa secara  dominan, sebab memang media ini dipandang efektif.

Secara sederhana, komunikasi dikatakan efektif bila pesan seperti yang dimaksudkan oleh komunikator/da’i berkaitan erat dengan pesan seperti yang ditangkap dan diteri oleh komunikan/mad’u. Efektivitaskomunikasi dengan erat hubungannyadengan tujuannya, biasanya kita mengharap satu hasil atau lebih sebagai tujuan komunikasi.

Mencermati essensi, tujuan dan mekanisme komunikasi pembangunan; ternyata ada titik  singgung cukup besar yang mempertemukannya dengan dakwah. Dengan demikian untuk operasionalisasi komunikasi pembangunan di Indonesia khususnyaakan lebih berhasil bila mana memanfaatkan dakwah.

Mengingat hakekat aktivitas dakwah adalah menghadapi”realitas”, maka setiap pendukung dakwah, apakah sebagai praktisi atau sebagai penentu kebijakan , harus benar-benar memahami bahwa perubahan itu sendiri sebuah “realitas”.

References

Ali Mahfidz, Syekh, Hidayah al-Munyidin, ( Kairo : Al-Arabi, 1952).

Anwar Arifin, Ilmu Komunikasi Sebuah pengantar Ringkas, (Jakarta: CV Rajawali, l988)

---------------------, Dakwah Kontemporer sebuah studi komunikasi, Graha Ilmu,Yogyakarta,2011

Astrid S. Susanto, Filsafat Komunikasi, (Jakarta : Binacipta, 1986).

Bahy, Muhammad Al-,Al-Islamu Dakwah Laitsa Tsaurah. Terj. Nabhan Husein ( Jakarta : CVSienttarama, 1986).

Bryant Coralie, White Louise G, Manajemen Pembangunan untuk negara berkembang. LP3ES, Jakarta, 1987

Emil Salim, " Menuju Tinggal Landas Tahun 2000"dalam A. Rifa'I Hasan (Ed.), Tinjauan KritisTentang Pembangunan, ( Jakarta : Lembaga studi Agama dan Filsafat, t. th.)

Endang Saifuddin Anshari, Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam, ( Jakarta : Usaha Enterproses,1976).

Fisher, B. Aubrey, Perspective on Human communication. Terj. soejono Trimo, ( Bandung :Remaja Rosdakarya, I 986).

Isa Anshari, K.H.M., Mujahid Dakwah. (Bandung : CV Diponegoro, 1979).

Jalaluddinrakhmat, Psikalogi Komunikasi, ( Bandung ; Remaja Rosdakarya, 1985).
Masdar Helmy,H. Dakwah Dalam Alam Pembangunan, ( Semarang : cv toha Putra, 1973).

Masdari, Komunikasi Yang Efektif Dalam Organisasi, (Makalah Penelitian KepemimpinanMahasiswa Tingkat Menengah IAIN Antasari,22 Pebruari 2000), (Panitia PKM IAINAntasari : Banjarmasin, 2000).

Marbawi, Muhmaad IdrisAbdurratf ,Al-,Kamus ldris Al Marbawi ,(Bandung :PT. Alma'arif,t.th.)

M. Masyhur Amin (Ed), Moralitas Pembangunan persprktif Agama-agama di Indonesia, LPKSM, Yogyakarta, 1994

Mukti Ali, H.A., Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini, (Jakarta : Rajawalipress, 1987).

Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,1994).

Pellat, B. Lewis ch. And J. Schach! Encyclopediaof Islam, (Ieiden: E.J. Brill, 1965).

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, ( Jakarta : PN Balai pustaka,1982).

River, William L., Tfreodore Peterson and Jay W. Jansen, The Mass Media and moclern_Society,(San Fransisco : Rine hart Press, 1971).

Rochayat Harun, Elvinaro Ardianto. Komunikasi Pembangunan & Perubahan Sosial.( Jakarta: Rajagrafindo Perkasa, cet.2, 2012)

Sastrapratedja, M., " Etika Pembangunan" Dalam A. Fifai Hasan, Tinjauan Kritls-TentangPembangunan. Jakarta: Lembaga Studi Agama danfilsafat, t. th.).

Scharamm, Wilbur, The Process an Effect of Mass Communicatio, Saduran Harust Abdoussalam,( Yogyakarta: Sumbangsi 1969).
Toto Tasmara, Komunikasi Dakwah, ( Gaya Media Pratama Jakarta:1997)
Published
2018-09-17
How to Cite
Miftakhuddin. (2018). Realitas Komunikasi Pembangunan Dalam Aktivitas Dakwah. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 7(1), 1-15. Retrieved from https://e-jurnal.stail.ac.id/annida/article/view/47
Section
Articles