Penerapan Total Quality Management Dalam Aktivitas Dakwah Desain Implementasi Manajemen Dakwah dengan Analisa SWOT

  • Nasrul Syarif
Keywords: Total Quality Management, Manajemen Dakwah, Analisia SWOT.

Abstract

Total Quality Management merupakan metode manajemen yang diterapkan secara menyeluruh dan terus menerus untuk mengetahui mutu dan kualitas pelayanan publik. Dalam hal penerapannnya pada manajemen dakwah dapat menggunakan pendekatan analisa SWOT sebagai upaya sinergis antar komponen dakwah untuk secara bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama pada masyarakat. Implementasi dan penerapan manajemen dakwah ini berdasarkan peta kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang telah di analisis oleh pelaku dakwah. Hasil dari penerapan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas perencanaan sampai pada evaluasi aktivitas dakwah yang telah dilakukan.

References

K, Soekarno. Dasar – Dasar Manajemen. Jakarta: Miswar, 1986.

Marzuki, Seri Manajemen. Yogyakarta : FE UII,tt.

Rozak, Nasarudin. Metodologi Dakwah. Semarang: Toha Putra, 1976.

S. Nitisemito, Alex. Manajemen : Suatu Dasar dan Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

Shaleh, A. Rosyad. Management Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
__________. Manajemen Dakwah Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2005.

Tanthowi, Jawahir. Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al Husna, 1983.

Umar, Toha Yahya. Ilmu Dakwah. Jakarta: Wijaya, 1976.

Zainun, Buchari. Management dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara, 1979.

www.manaj.pelatihan
Published
2018-03-12
How to Cite
Nasrul Syarif. (2018). Penerapan Total Quality Management Dalam Aktivitas Dakwah Desain Implementasi Manajemen Dakwah dengan Analisa SWOT. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 33-44. Retrieved from https://e-jurnal.stail.ac.id/annida/article/view/53
Section
Articles