Penerapan Total Quality Management Dalam Aktivitas Dakwah Desain Implementasi Manajemen Dakwah dengan Analisa SWOT
Abstract
Total Quality Management merupakan metode manajemen yang diterapkan secara menyeluruh dan terus menerus untuk mengetahui mutu dan kualitas pelayanan publik. Dalam hal penerapannnya pada manajemen dakwah dapat menggunakan pendekatan analisa SWOT sebagai upaya sinergis antar komponen dakwah untuk secara bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama pada masyarakat. Implementasi dan penerapan manajemen dakwah ini berdasarkan peta kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang telah di analisis oleh pelaku dakwah. Hasil dari penerapan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas perencanaan sampai pada evaluasi aktivitas dakwah yang telah dilakukan.
References
Marzuki, Seri Manajemen. Yogyakarta : FE UII,tt.
Rozak, Nasarudin. Metodologi Dakwah. Semarang: Toha Putra, 1976.
S. Nitisemito, Alex. Manajemen : Suatu Dasar dan Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.
Shaleh, A. Rosyad. Management Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
__________. Manajemen Dakwah Muhammadiyah, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2005.
Tanthowi, Jawahir. Unsur-Unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al Husna, 1983.
Umar, Toha Yahya. Ilmu Dakwah. Jakarta: Wijaya, 1976.
Zainun, Buchari. Management dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara, 1979.
www.manaj.pelatihan