Dakwah Antar Budaya di Era Cyber

  • Alim Puspianto
Keywords: Dakwah antar budaya, era cyber

Abstract

Islam adalah agama“Rahmatan lil amamin” yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi seluruh alam. Sehingga kegiatan dakwah yang dilakukan oleh para pekalu dakwah tidak menggunakan kekerasa akan tetapi kegiatan dakwah tersebut selalu dilakukan dengan damai, bijak dan menggunakan pendekatan pendekatan budaya yang dianut oleh calon mad’unya. Perkembangan Islam dari masa ke masa sampai di era modern seperti sekarang ini tidak lepas dari semnagt dakwah para da’i da’i nya.Sejarah telah mencatat bahwa Agama Islam yang tadinya hanya di jazirah Arab saja sekarang sudah bisa masuk dan diterima oleh masyarakat dunia.Kalau kita perhatiakan secara seksama kesusksesan dakwah Islam tersebut tidak lepas dari pendekatan pendekatan budaya sesuai dengan kearifan lokal dimana mad’u berada.Dunia dakwah Islam khususnya dakwah antar budaya menemukan babak barunya ketika masyarakat dunia berbondong bondong masuk ke dunia baru yang bernama cyberspacy.

Pada tulisan ini penulis akan membahas tentangdakwah antar budaya di era cyber. Dimana kegiatan dakwah antar budaya diera cyber ini merupakan sebuah keniscayaan.Karena mau tidak mau dunia dakwah akan dipaksa masuk kedalam dunia baru yang bernama cyberspacy. Yaitu sebuah dunia maya yang terbebas dari ruang dan waktu sehinggamampumenghubungkan seluruh masyarakat dunia dengan segala keanekaragaman budayanya.

Dari kajian yang disajikan penulis menyimpulkan bahwadi era modern seperti sekarang ini dakwah antar budaya harus masuk dan ikut mewarnai kehidupan di cyberspacy.Untuk masuk dan ikut mewarnai kehidupan di dunia maya tersebut diperlukan tenaga tenaga da’i dengan keahlian khusus.Sehingga dengan kreatifitas dan inovasinya, konten dakwah khususnya materi dakwah antarbudaya.Dimana konten dakwah antarbudaya ini juga harusdisesuaikan dengan “permintaan pasar’ dan media yang dijadikan sebagai tujuan.Tentunya dengan memperhatikan budaya budaya yang dianut oleh masyarakat cyberspacy.Adapun media media yang dimaksud adalah media media yang berdomisili di “alam maya” baik berupa WEB, facebook, instagram, WA, youtube, twitter dan media media sejenisnya.

References

Aliyudin, Enjang AS, Dasar- Dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjadjaran, 2009
Amin,Samsul Munir,Rekontruksi Pemikiran Dakwah Islam. Jakarta: 2008, Amzah
Aripudin,Acep, Dakwah AntarBudaya. Bandung: 2012, Remaja Rosda Karya
Arifin, Anwar,Dakwah Kontemporer sebuah Study Komunikasi. Yogyakarta: 2011,Graha Ilmu
Aziz, Muhammad Ali,Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2004
Aziz, Muhammad Ali, Ilmu Dakwah. Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 1993
Departemen Agama RI, Al-Qur’anTajwid dan Terjemahan. Bandung: PT Syaamil Cipta Media, 2002
Husaeni, Adian, Penyesatan Opini. Jakarta: Gema Insani, 2002
Ibrahim, Idi Subandy, Sirnarnya Komunikasi Empatik (krisis budaya komunikasi dalam masyarakat kontemporer ). Bandung: Pustaka Bani Qurais, 2004
Jalaludin Rahmad, Deddy Mulyana, Komunikasi Antarbudaya. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)
Koyo, Khotib Pahlawan, Manajemen Dakwah. Jakarta: AMZAH, 2007
Liliweri,Alo, Dasar Dasar Komunikasi Antarbudaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013
Mulyana,Deddy, Komunikasi Massa.Bandung: Widya Padjadjaran, 2008
Mungin ,Burhan, Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2008
Nasrullah,Rulli, Komunikasi AntarBudaya (Di Era Budaya Cyber), Jakarta: Kencana, 2014
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011
Sihabudin, Ahmad, Komunikasi Antarbudaya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Prio Hutman,Ilyas Ismail, Fisafat dakwah (rekayasa membangun agama dan perdaban Islam). Jakarta: Kencana, 2011
Rakhmat, Jalaluddin,Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Ridwan, Aang, Komunikasi AntarBudaya. Bandung: Pustaka Setia, 2016
Sihabudin,Ahmad, Komunikasi Antarbudaya, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Syukriadi Sambas, Acep Aripudin., Dakwah Damai. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Wahyu Ilaihi, M. Munir,Manajemen dakwah, Jakarta: Kencana , 2006
Wahyu Ilaihi, M. Munir,Komunikasi Dakwahh, Bandung: Rosdakarya, 2013
Yaqub, Ali Mustofa, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008
Published
2019-09-16
How to Cite
Alim Puspianto. (2019). Dakwah Antar Budaya di Era Cyber. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 7(2), 95-116. Retrieved from https://e-jurnal.stail.ac.id/annida/article/view/17
Section
Articles