Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al Hakim Surabaya)
Abstract
Penelitian ini menjelaskan gambaran tentang komunikasi pemasaran sekolah melalui media sosial di SD Luqman Al Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya. Manfaat media sosial dalam komunikasi pemasaran lembaga pendidikan pada era revolusi industri 4.0 dan di masa pandemi ini menjadi pilihan yang sangat tepat karena selain biayanya murah, mudah diakses, dan hampir semua kalangan menggunakannya.
SD Luqman Al Hakim Surabaya merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan komunikasi pemasaran melalui media sosial. Hal ini yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian lebih lanjut, tentang bagaimana implememtasi komunikasi pemasaran sekolah yang berbasis media sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi pemasaran sekolah dengan media sosial di SD Luqman Al Hakim Surabaya berjalan dengan baik. Implementasi program pemasaran media sosialnya yaitu membuat tim media sosial, menyusun strategi media sosial, memproduksi dan menjadwal postingan media sosial hingga mengevaluasi konten.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun strategi media sosial adalah menetapkan branding sekolah yaitu Sekolah Islam Berprestasi; menentukan aplikasi media sosial yang akan dipakai yaitu Fanpage Facebook, Instagram, dan Youtube; menetapkan target atau goal; melakukan update konten dengan frekuensi stabil; menggunakan postingan foto dan video sebanyak mungkin; beriteraksi dengan pengikut media sosial sekolah; membuat hashtag atau tagar sesuai brand sekolah; dan menentukan sasaran audiens atau target pemirsa.
References
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Evans, Dave dan Mckee, Jake, Social Media Marketing: The Next Generation Of Business Engagement, (Canada: John Wiley & Sons, Inc., 2013)
Gunelius, Susan, 30-Minute Social Media Marketing, (United States: McGraw-Hill Companies, 2011)
Kaplan, Andres and Haenlein, Michael, User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, (Business Horizons, 2010)
Kennedy, John E. dan Soemanagara, RD., Marketing Communication – Taktik dan Strategi, (Jakarta: PT Buana Ilmu Populer, 2006)
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan, (Jakarta: Erlangga, 2016)
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, Prinsip-prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 2008)
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, Manajemen Pemasaran edisi Ketiga Belas. Jilid 2, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2012)
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Benyamin Molan Indonesia, (Jakarta: PT Indeks, 2007)
Mangold, WG. and Faulds, DJ, Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix, (2009)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001)
Nazir, Moh., Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003)
Patel, N., The 5 Important Metrics of Facebook Ad Campaign. [Online] Retrieved April 10, 2017, from Neil Patel: http://neilpatel.com/blog/the-5-important-metrics-of-facebook-adcampaigns/
Pemerintah RI, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 dan 48 tentang Wajib Belajar dan Pendanaan Pendidikan (Jakarta: Novindo Pustaka Mandiri, 2008)
Porter, Michael, Strategi Bersaing; Teknik Menganalisis Industry dan Pesaing, (Jakarta: Erlangga, 2001)
Profil SD Luqman Al Hakim Surabaya, diakses pada 10 Agustus 2021, website http://integral.sch.id/index.php?pilih=hal&id=52
Program kerja pemasaran SD Luqman Al Hakim Surabaya Tahun Ajaran 2019-2020
Puntoadi, Danis, Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, (Jakarta: PT Elex Komputindo, 2011)
Renstra Pemasaran Media Sosial SD Luqman Al Hakim Tahun Ajaran 2019-2020
Schiffman and Kanuk, Lazar, Costumer Behavior-Internasional Edition, (Prentice Hall, 2000)
Shimp, Terence A., Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, (Jakarta: Erlangga, 2003)
Stoner, James AF, dkk., Management, 6th Edition, (New Jersey: Prentice Hall Inc, 1995)
Strategi Marketing Sosial Media, diakses pada 10 Agustus 2021, website https://www.niagahoster.co.id/blog/sosial-media-populer/
Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Andi Offset, 1995)