MEDIA DAKWAH CYBER SOCIETY

  • Alim Puspianto
Keywords: Media, Dakwah, Cyber society

Abstract

Kemajuan teknologi telah menghantarkan perubahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Bahkan sampai melahirkan sebuah masyarakat baru yang bernama cyber society atau masyarakat maya. mereka sangat terbuka dengan perubahan dan kemajuan yang ada. Mereka punya karakteristik dan life style yang berbeda dengan masyarakat biasa. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya lebih mengandalkan media media modern yang serba canggih dan instan sebagai solusinya. Termasuk di dalamnya adalah pemenuhan informasi tentang pengtahuan keagaamaan mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa keanekaragaman dan karateristik masyarakat yang berbeda membuat media dakwah yang dipakai oleh seorang dai menjadi berbeda pula. hal ini dilakukan agar nilai nilai Islam bisa tersampaikan secara efektif kepada mad’u. Terkhusus dakwah di kalangan cyber society atau masyarakat maya akan sangat berbeda dengan dakwah di masyarakat pada umumnya.

Dalam tulisan ini penulis membahas tentang media dakwah cyber society atau masyarakat maya. Dimana pada umumnya cyber society adalah masyarakat berpendidikan, mapan dan memiliki gaya hidup yang serba modern. Hal itu menjadikan mereka cenderung individualis. Dengan latar belakang pendidikan yang tinggi menjadikan wawasan mereka luas dan rasional. Sehingga seorang dai yang berdakwah dikalangan mereka harus memiliki kemampuan yang cukup. Baik itu kemampuan terkait keilmuan secara umum maupun kemampuan dan penguasaan media dakwah sesuai dengan “tempat tinggal” cyber society.

            Adapun simpulan dari tulisan ini diantaranya adalah media dakwah untuk cyber society perlu menggunakan media yang mereka sudah terbiasa dan familar dengannya. Diantaranya yaitu dengan menggunakan media modern yang berupa dakwah lewat media massa, media social dan serba serbi yang ada di dalam alam maya dengan kecanggihan yang menyertainya. Misalnya seperti televisi, dakwah lewat media radio, situs web, youtube, instagram, tiktok, facebook, X dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan karena hampir seluruh aktifitas masyarakat maya atau cyber society sangat erat kaitannya dengan media tersebut. Lebih khusus lagi yaitu dakwah lewat media media sosial dan serba serbi di dalamnya. Selain itu juga kegiatan dakwah untuk masyarakat maya harus dibuat semenarik mungkin. Baik itu terkait masalah performance, pemilihan tempat dan tidak kalah penting adalah media yang digunakan dalam berdakwah. Semuanya kegiatan dakwah harus dikemas atau diseting agar layak dan menarik untuk dinikmati di media maya. Dengan begitu diharapkan kegiatan dakwah akan tetap efektif dan bisa diterima oleh cyber society atau mayarakat maya.

References

Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, Jakarta: AMZAH, 2009
Arifin, Anwar Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi , Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011
Aripudin, Acep, Sosiologi Dakwah, Bandung: Remaja Rodakarya, 2013
Aripudin, Acep, Dakwah Antar Budaya, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2012
Asmuni, Syukir, Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: al-Ikhlas, 1983
Ali Aziz, Moh, Ilmu Dakwah,Jakarta: Kencana, 2004
Aziz, Moh.Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2009
Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Rajawali Press, 2000
Enjang AS, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Bandung: Widya Padjajaran, 2009
Hamzah, Ya’qub, Etos Kerja Islami, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1992
Junaidi, Fajar, Etika Komunikasi Di Era Siber, Depok: Rajawali Press, 2019
Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
Luik, Jandy, Media Baru, Jakarta: Kencana, 2020
McQuail, Denis, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika, 2011
Mufid, Muhammad, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Jakarta: Kencana, 2010
Mulyana, Deddy, Komunikasi Massa, Bandung: Widya Padjadjaran, 2008
Mungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2008
Nasikun, Sistem Sosial di Indonesia, Jakarta, Rajawali Pers, 1992
Nasrullah, Rully, Komunikasi Antarbudaya di Era Cyber, Jakarta: Kencana, 2014
Natsir, Muhammad, Fiqhud Da’wah, Jakarta: Media Dakwah, 2000
Nugroho, Catur, Cyber Society, Jakarta: Kencana, 2020
Nurudin, Media Sosial Agama Baru Masyarakat Milenial, Malang: Intra Publising, 2018
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014
Saifullah, Jakfar Puteh, Dakwah Tekstual Dan Kontesktual, Yogyakarta: AK Group, 2006
Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Rajagrafindo, 1999
Syam, Yunus Hasyim, Manajemen Dakwah , Yogyakarta: Panji Pustaka, 2007
Syukir, Asmuni Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1983
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Ridwan, Aang, Komunikasi AntarBudaya, Bandung: Pustaka Setia, 2016
Romli, Khomsahrial, Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo, 2016
Tamburaka, Apriadi, Adenda Setting Media Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Published
2024-09-09
How to Cite
Alim Puspianto. (2024). MEDIA DAKWAH CYBER SOCIETY. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 13(1), 26-49. https://doi.org/10.61088/annida.v13i1.782
Section
Articles