KONVERGENSI MEDIA RADIO DALAM MEREBUT PENDENGAR GEN Z (STUDI RADIO SUARA MUSLIM)
Abstract
Penelitian ini mengkaji konvergensi media yang dilakukan oleh Radio Suara Muslim Surabaya dalam upayanya merebut pendengar dari kalangan Generasi Z. Konvergensi media merujuk pada integrasi berbagai bentuk media komunikasi ke dalam satu platform digital yang dipicu oleh kemajuan teknologi digital dan jaringan komunikasi. Radio Suara Muslim Surabaya mengimplementasikan strategi konvergensi media dengan menggabungkan siaran radio teristrial dan live streaming melalui platform media sosial seperti Youtube, Instagram dan TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Radio Suara Muslim Surabaya mengadopsi konvergensi media serta mengevaluasi efektivitas strategi tersebut dalam menarik perhatian pendengar muda di era digital. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konvergensi media yang dilakukan oleh Radio Suara Muslim Surabaya efektif dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens, serta mampu memenuhi kebutuhan informasi Generasi Z yang lebih menyukai konten singkat, interaktif, dan visual. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya adaptasi media konvensional terhadap perubahan teknologi dan perilaku audiens untuk tetap relevan dan kompetitif di lanskap media modern.
References
Asrul, Right. Millennial Teachers for Gen Z. NOKTAH, 2022.
Darmawan, Didit, Anitha Paulina, Choliq. Abdul, Santy Srihayanti, Hariyanti Hamid, Ria Estiana, Girafi Mohammad, and Dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Default, Site. “Konvergensi Media Menurut Para Ahli Dan Pengaruhnya Kepada Khalayak.” PakarKomunikasi.Com. Accessed July 31, 2024. https://pakarkomunikasi.com/konvergensi-media.
Efendi, Erwan, Gita Ramadhani, and Tria Tanti. “Efektivitas Dakwah Dalam Media Digital Untuk Generasi Z.” Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting 4, no. 2 (2023).
Kiousis, S. “Interactivity: A Concept Explication.” New Media &Society 4, no. 3 (2002): 355–383.
Nono, Heryana, Muhammad Fuad, and Titi Nygraheni. UMKM Dalam Digitalisasi Nasional. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.
Nugroho, Catur. Cyber Society: Teknologi, Media Baru, Dan Disrupsi Informasi. Prenada Media, 2020.
Pilitsidou, Zacharenia, Nikolaos Tsigilis, and Georgeُّ Kalliris. “Radio Stations and Audience Communication: Social Media Utilization and Listeners Interaction.” Issues in Social Sciencesues in Social Science 7, no. 1 (2019).
Putri, Melsya Dwi, Emilia Susanti, Lara Santri, Nopalia Susanti, and Rasti Ananda. “Analisis Dampak Perilaku Online Gen Z Terhadap Identitas Kewarganegaan Dalam Era Digital.” Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora 4, no. 2 (2024).
Rizky, Annisa Shah. “Manajemen Radio Suara Muslim Surabaya (Manajemen Media Islam Atau Islami.” Jurnal Kopis 2, no. 2 (2020).
Roli A, Tegar. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Strategi Pemasaran Media Konvensional.” Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2024): 18–26.
Romli, Asep Syamsul M. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia, 2018.
Satriya, Raga Bagus. “Dakwah Dialogis Radio Suara Muslim Surabaya,” 2019.
Ummah, Athik Hidayatul. Manajemen Industri Media Massa. Syiah Kuala University Press, 2022.
“Keamanan Data Online: Menjaga Privasi Di Media Sosial.” Last modified 2024. https://toekangdigital.com/keamanan-data-online-menjaga-privasi-di-media-sosial/.
“Tantangan Media Konvensional Saat Ini.” Tempo Institute. https://blog.tempoinstitute.com/berita/tantangan-media-konvensional-saat-ini/.