PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM BUDAYA ORGANISASI DAKWAH
Abstract
Perencanaan merupakan suatu kegiatan yang mutlak perlu dilakukan, baik oleh peribadi, kelompok maupun organisasi. Perencanaan juga pada hakekatnya adalah usaha yang dilakukan secara sadar dan terus menerus serta diorganisasikan untuk memilih yang terbaik dari berbagai alternatif yang ada bagi pencapaian tujuan tertentu. Karenanya sebuah perencanaan harus dilakukan jauh sebelum kegiatan dilaksanakan, khususnya bagi organisasi.
Setiap organsasi mempunyai budayanya masing-masing yang menjadi ciri khas suatu organisasi. Budaya sebuah organisasi memegang peranan yang cukup penting dalam organisasi tersebut karena budaya yang baik akan dapat memberikan kenyamanan yang kemudian menunjang kinerja anggotanya. Sebaliknya budaya organisasi yang kurang baik atau yang kurang sesuai dengan pribadi anggotanya akan memicu penurunan kinerja setiap anggota.
Sebuah organisasi mempunyai budaya masing-masing. Ini menjadi salah satu pembeda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya sebuah organisasi ada yang sesuai dengan anggota atau karyawan baru, ada juga yang tidak sesuai sehingga seorang anggota baru atau karyawan yang tidak sesuai dengan budaya organisasi tersebut harus dapat menyesuaikan kalau dia ingin bertahan di organisasi tersebut.
References
1994)
Abdullah, Dzikron, Metodologi Dakwah, Diktat Kuliah, (Semarang: F.Dakwah IAIN Walisonggo, 1988)
Achmad, Amrullah, Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. (Yogyakarata: Prima Duta, 1983). Alam, Datuk Tombak, Kunci Sukses Penerangan dan Dakwah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)
Aji, Firman B., Perencanaan dan Evaluasi (Suatu Sistem Untuk Proyek Pembangunan), Bumi Aksara, Jakarta, cet. 3 1990
Al-Banna, Hasan, "Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin (Buku ke-1)", Cetakan ke-12,
2005, Era Intermedia, Solo.
Ali, H. Mahrus, Membongkar kebohongan buku kyai NU menggugat
Amin, Samsul Munir, Ilmu Dakwah, (Jakarta, Amzah), 2009
Anshari, Endang Saefuddin, wawasan Islam; pokok-pokok pikiran tentang Islam dan umatnya
(Bandung: Pustaka Salman ITB, 1983)
Dafis, Gorden B., Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, (Jakarta: PT Pustaka
Binaman Presindo, 1984)
Davis, Keith, Human Relations at Work, (New York, San Francisco, Toronto, London:
1962)
Eddy Kuo (et.al), Communication Policy and planing in Singapura, 1983. cet. 1 diterjemahkan dengan judul “Kebijakan dan Perencanaan Komunikasi ; Pengalaman Singapura, penerjemah Nirwono, Jakarta, LP3ES, 1994
Fadli, Ahmad, Organisasi dan Administrasi, (Kediri: Manhalun Nasyiin Press, 2002) Handoko,
T. Hani, Dr., MBA. dan Reksohadiprodjo Sukanto, Dr. M.Com., 1996.
Organisasi Perusahaan. Edisi kedua, Yogyakarta : BPFE
Harits, A. Busyairi, Dakwah Kontekstual Sebuah Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer, (Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Hasyim, Sholeh, Spirit berIslam, Semarang: Pustaka Nuun. 2010.
Hilal, Syamsu, Gerakan Dakwah Islam di Indonesia karangan (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,
2003)
Horton, Paul B. dan Chester L. Hunt. 1984, Sociology, Edisi keenam. International Student
Edition. Tokyo: Mc.Graw-Hill Book Company Inc.
Ilaihi, Wahyu, Komunikasi Dakwah, (Bandung. PT Remaja Rosdakarya. 2010) Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlaq. Yogyakarta, LPPI-UMY. 2007
John Ingleson, Jalan ke Pengasingan (Jakarta: PL3ES, 1983)
Kayo, Khatib Pahlawan, kepemimpinan Islam & dakwah, Amzah, Jakarta
, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Amzah, 2007)
KBBI, Departemen Pendidikan Nasional, Balai Pustaka, Jkt. Edisi. III 2002
Mahmuddin, Manajemen Dakwah Rasulullah, Restu Ilahi, Jakarta, 2004
Mannan, Abdul, Budaya Organisasi Dakwah, (Jakarta: Madina Pustaka)
Muchtaram, Zaini, Dasar-Dasar Manajemen Dakwah (Yogjakarta: Al-Amin Press, 1996, Cet. II)
Muhammad, Abdurrahman, Kepemimpinan Syura, Surabaya: Optima , 2010.
Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei, Metode Pengembangan Dakwah. (Bandung, Pustaka Setia, 2002)
Munir, M., Wahyu Ilaihi, Manajemen dakwah, Kencana Prenada Media Group, Jakarta,
2012
Mut’ah bin surtan alashimi, beda salaf dengan salafi, mandala71-73
Natsir, M., “Dakwah dan Tujuan” dalam serial media Dakwah, Dewan Dakwah Islamiah
Indonesia, No. 28
Middleton, John. Approaches to Communication Planning, Paris. Unesco
Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1945 (Jakarta: LP3ES, 1980)
Pasha, Kamil Musthafa dan Darban, Ahmad Adaby, Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Persfektif Historis dan Idiologis.
Rais, Amin, Cakrawala Islam, (Bandung: Mizan, 1991, Cet. III)
Robbins, Stephen P., Teori Organisasi Struktur, Desain, dan Aplikasi, (Jakarta: Arcan: 1994) Salbu, Manshur, Mencetak kader, Surabaya: Suara Hidayatullah Publishing, 2009.
Shaleh, ABD. Rosyad, Manajemen Da’wah Islam, Bulan Bintang, Jakarat, 1993
Shaleh, Rosyad. Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1977
Siagian, Sondang P., Peranan Staf dalam Manajemen. (Jakarta: PT. Toko Gunung Agung,
1996)
Siagian, Sondang, Filsafat Administrasi, (Jakaarta: Gunung Aung, 1996)
Siagian, Sondang, Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi (Jakarta: Haji
Masagung, Cet. IV, 1989)
Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi. 1976. Understanding Practice and Analysis. New
York: Random House
Sule, Erni Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen. (Jakarta:Prenada
Media, 2006)
Syamakh, Amer, (2011). Al-Ikhwan Al Muslimun. Era AdicitraIntermedia.ISBN 978-602-
8237-90-1.
Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1986)
Taufiq, Mohammad, Quran in The Word Ver1.2.0,
Terry, George R. dan Leslie, Dasar-dasar Manajemen, (Jakarta: PT Bumu Askara, 2005) Terry, George R., Prisnsip-prinsip Manajemen, (Jakarta: PT Bumi Askara, 2006)
Thaba, Abdul aziz, Islam dan Negara dalam Pilar Orde Baru (Jakarta: GIP, 1996) dalam buku
Gerakan Dakwah di Indonesia editor Ir. Syamsu Hilal (Jakarta: Pustaka Tarbiatuna,) Wilis, D. Ratna. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga