PENGARUH PROMOSI DAN KECEPATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO ONLINE SAKINAH MART

  • Aan Kurnia Irman
Keywords: promosi, Kecepatan pelayanan, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh promosi dan kecepatan peyanan terhadap keputusan pembelian konsumen di toko online sakinah mart secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat penelitian kombinasi. Penelitian (mixed methods) adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan dua metode antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliable, dan obyektif. Peneliti menggunakan Metode Penelitian Kombinasi model urutan penemuan analisis kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explonatory). . Untuk memastikan keakuratan, peneliti menggunakan perangkat lunak statistik SMART PLS.

Penelitian menemukan bahwa promosi dan kecepatan pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 95,3% terhadap keputusan pembelian konsumen di toko online sakinah mart. Temuan ini menekankan pentingnya promosi produk dan kecepatan pelayanan terhadap konsumen untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen di toko online sakinah mart.

References

Ghozali, Imam. Apllikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 16.
Semarang : Badan Penerbit UNDIP, 2011
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research I. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM
Junaedi, Dandi, Finny Redjeki, dan Muh Dadi Priadi. “pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus oada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur.” Indonesian Journak Of Economuc and Bussiness 1.2 ( 2023): 106-120.
LP2M. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta : PT Grafindo Persada, 2018.
Murdiana, Elfa. Hukum Dagang. Yogyakarta : Idea Press, 2013.
Nitisusastrio, Mulyadi. Perilaku Konsumen. Badung: Alfabeta.
Prastijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalaw. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi,
2005.
Priansa, Donni Juni, Perilaku Konsumen Dalam Persaaingan Bisnis Kontemporer.
Bandung : Alfabeta, 2017
Priyastama, Romie. Buku Sakti Kuasai SPSS. Yogyakarta: Start Up, 2017.
Pramana, Pryas Aji, Wahyu Hidayat, dan Handoyo Djoko Waloejo. “pengaruh
Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter All Variant Pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Soegiyo Pranoto Semarang” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1.1 (2013): 244-253.
Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta,
2018.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. cet. 28. Bandung: Alfabeta, 2017
Sujarweni, V. Wiratna. Metodoligi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press,
2014.
Suryabrata, Sumadi. Metode penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
Weenas, Jackson Rs. “Kualitas Produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Yuniarti, Vinna Sri. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia, 20151
Published
2024-03-11
How to Cite
Irman, A. K. (2024). PENGARUH PROMOSI DAN KECEPATAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO ONLINE SAKINAH MART. Dinar : Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 7(2), 108-132. https://doi.org/10.61088/dinar.v7i2.715
Section
Articles