STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN BUKU DI TOKO BAKOEL BUKU BERGIZI (BBB) TAHUN 2021-2023

  • Musrifah Mahmud
  • Mohammad Lukmanul Hakim
Keywords: Pemasaran digital, Meningkatkan omzet

Abstract

Pemanfaatan teknologi menjadikan pelaku usaha lebih efisien dan efektif dalam memasarkan usahnya, para pengusaha memanfaatkan perkembangan ini untuk memasarkan produknya secara digital. Pelayanan yang diberikan dengan sistem digital ini mempercepat pelayanan dan informasi bila dibandingkan dengan sistem secara konvensional kepada para calon konsumennya. Media sosial menjadi wadah bagi para pengguna digital marketing yang bisa dimanfaatkan secara mudah. Media sosial menjadi wadah bagi para pengguna digital marketing yang bisa dimanfaatkan secara mudah. Media sosial dapat disebut sebagai pembuka peluang usaha yang dapat menjangkau secara menyeluruh target marketnya. Kecepatan merupakan salah satu keunggulan yang dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi melalui social media. Tidak hanya itu, hal-hal yang disampaikan melalui media sosial juga memiliki kekuatan yang “shareable” dengan mudah. Kecepatan dari segi feedback dari pihak yang melihat dan merespon pun dapat.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Serta peningkatan Omzet penjualan dengan metode digital marketing di Tokoh Bakoel Buku Bergizi (BBB), Selain itu untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasran yang efektif dalam meningkatkan omzet penjualan buku.

            Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif dan Pendekatan fenomenologis. Untuk menggali secara mendalam fenomena-fenomena yang terkait dengan objek penelitian data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan ownwer toko bakoel buku bergizi langsung sebagai subjek penelitian dan sumber informasi. Proses analisi data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui verifikasi data, untuk memastikan tkeabsahaan data, peneltian menggunakan teknik triangulasi.

            Strategi pemasaran yang dilakukan oleh toko bakoel buku bergizi dalam memasarkan produknya yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran media sosial yaitu melalui aplikasi whatsapp, instagram dan telegram. Pemasaran produk  ya melalui media sosial ini  Sudah terlihat jelas bahwasannya tingginya pengaruh digital marketing terhadap omzet  penjualan toko bakoel buku bergizi.dengan penerapan digital marketing tentu para pengusaha bakoel buku bergizi tetap terus beroperasi tanpa harus melakukan transaksi tatap muka.serta digital marketing ini akan mempermudah toko BBB sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan. Efektifvitas penggunaan media sosial pada pemasaran produk toko bakoel buku bergizi telah terbukti mengalami peningkatan omzet penjualan setiap tahunnya.  Strategi promosi toko bakoel buku bergizi telah efektif karena dapat memuaskan pelanggan dan tidak merugikan pihak lain artinya toko bakoel buku bergizi yang dilakukan saling menguntungkan kedua belah pihak yaitu customer dan toko bakoel buku sendiri. untuk presentasi penggunaan media sosoail pada toko BBB . untuk whatsapp 80%, untuk instagram 15%, dan untuk telegram sendiri 5%.

References

Abul Rauf, Sardjana Orba Manullang, dkk. “digital marketing ; konsep dan strateice, Cetakan pertama, juli 2021
Ali Hasan. “Marketing dan Kasus-kasus Pilihan”, Yogyakart: CAPS (Center For Academic Publishing Service) Angkasa. 2013.
Ali Hasan. “Marketing dan Kasus-kasus Pilihan”, Yogyakart: CAPS (Center For Academic Publishing Service) Angkasa. 2013.
Ali Hasan. “Marketing dan Kasus-kasus Pilihan”, Yogyakart: CAPS (Center For Academic Publishing Service) Angkasa. 2013.
Amirul Hadi & Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 1998)
Ari Widiati,” peranan Kemasan (packaging ) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) “Mas pack” Terminal kemasan Pontianak” Jurnal Audit dan akuntansi, Vol. 8, No.2, 2019, hlm 70-71
Awallina Yusanda., Rini Darmastuti., George Nicholas Huwae “Strategi personal Branding Melalui Media social Instagram” Jurnal Scriputra, Vol. 11 No. 1, Juli 2021
Dewikomala sari, SE., MM.Dkk, “ buku ajar digital Marketing”, cetakan pertama, Agustus 2021
Dina Amalia, “Cara Mudah Menghitung dan Meningkatkan Omzet Perusahaan”, dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2017-cara-mudah-menghitung-dan-meningkatkan-omzetperusahaan/, diakses tanggal 17 Desember 2017
Ebta Setiawan, Kamus Besar Bahasa Indonesia., diakses melalui https://kbbi.web.id/strategi, Pada tanggal 26 Maret 2019.
Gunawan, Andi Chakti. ”The Book of Digital Marketing”, Makasar: Celebes Media Perkasa, 2019.
Gunawan, Andi Chakti. ”The Book of Digital Marketing”, Makasar: Celebes Media Perkasa, 2019.
Hamidi,Metode Penelitian dan Teorikomunikasi ,(Malang ;UMM,2007)
Husein Um ar, Strategic Management in Action (Jakarta, pustaka utama,2002)
Husein Umar, Strategic Management in Action (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2001)
Irdha Yanti Muayawarah. Desi Indayanti,journal illmia ilmu manajemen “Anasisis strategi Pemasaran Untuk meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di kec Mamuju” Vol. 1 No. 1 2022.
Ismail Razak “Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan pelanggan” , pustaka, Vol. 7 No. 2, Mei-Agustus 2019
Jaya Bahwi Yanti dan Apippuddin Adnan, “ Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Smartphone dengan menggunakan aAnalisi SWOT Pada PT Teletama Artha Mandiri” Jurnal KINDAI ,Vol II, No.2, juni 2015
Kotler, Philip. “Dasar-dasar Pemasaran”. Edisi ke-3. Jakarta: Intermedia Kotler. 1987.
Lexy J. Meleong, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008)
Lexy J. Moleong,Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)
Morissan, Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jakarta: Prenadamedia Group, 2010)
Nazir,Metode Penelitian (Bogor:Ghalia Indonesia,2005)
Rosa Lesmana, Ratnasari “ pengaruh Kualitas produk dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen”, PT .Radekatma Pirantinusa, Vol. 2.No. 2, Februari 2019
Rosa Lesmana, Ratnasari “ pengaruh Kualitas produk dan Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen”, PT .Radekatma Pirantinusa, Vol. 2.No. 2, Februari 2019
Septiana Novita Dewi, Aris Tri Haryanto,”Peran Tampilan produk,keamanan dan kemudahan pada keputusan bertransaksi menggunakan jasa pengirim shopee” jurnal Bisnia Terapan, Vol.05 No. 01, Juni 2021
Stanton, William J. “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Jilid 1 Edisi ke-3. Jakarta: Erlangga. 2000.
Tjiptono. ”Strategi Pemasaran”, Edisi 3. Yogyakarta: Andi. 2008.
Wastam Wahyu Hidayat, Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi, (Jawa Tengah: CV. Pena Persada,2020)
Published
2024-03-11
How to Cite
Musrifah Mahmud, & Mohammad Lukmanul Hakim. (2024). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN BUKU DI TOKO BAKOEL BUKU BERGIZI (BBB) TAHUN 2021-2023. Dinar : Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 7(2), 133-166. https://doi.org/10.61088/dinar.v7i2.720
Section
Articles