PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT BERBASIS MASJID (Analisis Wacana Konten Instagram Masjid Nurul Ashri Yogyakarta)
Abstract
Walaupun masjid sejak dulu memiliki potensi peranan strategis sebagai tempat ibadah sekaligus pusat pemberdayaan umat, tetapi tidak semua masjid melakukannya. Sementara itu, masjid yang telah aktif melakukan program pemberdayaan pun tidak semuanya mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam menyukseskan wacana dan tindakan pemberdayaannya. Dengan pendekatan analisis wacana, penelitian ini mengkaji konten akun Instagram @masjidnurulashri yang menampilkan wacana pemberdayaan ekonomi umat sehingga bisa diidentifikasi tema dominan, strategi komunikasi, dan implikasi wacana pemberdayaan ekonomi umat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Nurul Ashri berhasil membangun wacana pemberdayaan ekonomi melalui tema-tema seperti dukungan kepada petani dan peternak lokal, pemberdayaan UMKM, serta sedekah produktif. Strategi komunikasi yang efektif, seperti penggunaan visual menarik, bahasa persuasif, dan interaksi aktif dengan pengikut, turut meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat. Implikasinya, program yang baik ditunjang strategi yang baik membuat wacana pemberdayaan ekonomi diterima secara luas ditandai dengan kenaikan follower secara signifikan dan dominasi komentar positif dari warganet. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial, jika dikelola dengan baik, dapat menjadi katalisator pemberdayaan ekonomi berbasis masjid, meskipun terdapat tantangan dalam literasi digital dan keterbatasan algoritma platform.
References
Afif, Mufti. “Fungsi Masjid dalam Mengelola Dana Ziswah Sebagai Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat.” Journal of Islamic Economics and Philanthropy 2, no. 4 (Mei 2020). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/JIEP/article/view/4580.
Afif, Mufti, Meichio Lesmana, Abdul Basith, dan Maula Falih Rizqullah. “Strategi Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pendekatan Analisis SWOT.” Adzkiya : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah 10, no. 02 (31 Desember 2022): 205. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v10i02.5309.
Aichner, Thomas, dan Frank Jacob. “Measuring the Degree of Corporate Social Media Use.” International Journal of Market Research 57, no. 2 (Maret 2015): 257–76. https://doi.org/10.2501/IJMR-2015-018.
Alvian J, Muh., Muh. Syahruddin, dan Aliman. “The Effectiveness of Virtual Da’wah of the Al-Ihsan Gowa Mosque Through Social Media to the Community,” 3:391–404. Makassar: FAI Unismuh, 2024. https://prosiding.icaisunismuh.org/index.php/3rd/article/view/197.
B Narasimha Rao, B Narasimha Rao. “A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society.” Journal of Science and Technology 7, no. 10 (21 Desember 2022): 46–54. https://doi.org/10.46243/jst.2022.v7.i10.pp46-54.
Che Wan Ahmad, Che Wan Shamsul Bahri, Khirulnizam Abd Rahman, Saifulah Samsudin, Mohd Nor Hafiz Mohd Unus, Anssar Nasrun, dan Nur Muizz Mohammed Salleh. “Transformasi Digital dalam Aktiviti Pengimarahan Masjid Al-Azhar, Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (KUIS).” International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar) 1, no. 2 (31 Desember 2021): 7–26. https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i2.22.
Dwi Atmoko. “Endorsement Agreements on Instagram Social Media Related to Article 7 Of Law Number 8 of 1999 Concerning Consumer Protection.” JILPR Journal Indonesia Law and Policy Review 3, no. 3 (30 Juni 2022): 116–22. https://doi.org/10.56371/jirpl.v3i3.90.
Ehmke, Rachel. “How Using Social Media Affects Teenagers.” childmind.org (blog), 18 November 2024. https://childmind.org/article/how-using-social-media-affects-teenagers/.
Einwohner, Rachel L., dan Elle Rochford. “After the March: Using Instagram to Perform and Sustain the Women’s March.” Sociological Forum 34, no. S1 (Desember 2019): 1090–1111. https://doi.org/10.1111/socf.12542.
Eriyanto. Analisis wacana: Pengantar analisis teks media. Yogyakarta: LKiS, 2001.
Erziaty, Rozzana. “Pemberdayaan Ekonomi Potensial Masjid sebagai Model Pengentasan Kemiskinan.” Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah 2, no. 2 (11 Juni 2015). https://doi.org/10.31602/iqt.v2i2.377.
Evans, David, ed. Language and Identity: Discourse in the World. Paperback edition first published. London Oxford New York New Delhi Sydney: Bloomsbury Academic, an imprint of Bloomsbury publishing Plc, 2016.
Fawaid, Yazidul. “Green Economy dalam Perspektif Maqashid Syariah.” Dalam Islam dan Green Economics: Diskursus Konsep Islam tentang Ekonomi Hijau serta Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2022.
Fians, Guilherme. Esperanto Revolutionaries and Geeks: Language Politics, Digital Media and the Making of an International Community. Cham: Springer International Publishing AG, 2022.
Gazalba, Sidi. Mesjid : Pusat ibadat dan kebudayaan islam. Jakarta: Pustaka Al-husna, 1989.
Gee, James Paul, ed. The Routledge Handbook of Discourse Analysis. 1. publ. in paperback. Routledge Handbooks in Applied Linguistics. London: Routledge, 2014.
Ghulam Muhammad Channa, Aqsa Naz, dan Hina Mugheri. “The Adoption and Utilization of Technology in the Mosques: a case study of Islamabad.” Social Science Review Archives 3, no. 1 (1 Januari 2025): 1–17. https://doi.org/10.70670/sra.v3i1.281.
Hamdan, Hamdan. “Wacana dalam Perspektif Norman Fairclough.” Komodifikasi 7, no. 1 (1 Juni 2019). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/9967.
Haq, Zainab Rahmatulloh Hikmatul. “Masjid Sebagai Pusat Trilogi Pembinaan Tarbiyah Islamiyyah para Salafus Shalih.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 10, no. 1 (18 Juni 2023): 1–14. https://doi.org/10.53627/jam.v10i1.4815.
Hidayat, Taufik. “Manajemen Masjid di Nurul Ashri Deresan Santren Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19606/.
In conversation with Muhammad Yunus, Founder, Grameen Bank & Nobel Peace Prize Winner, 2016. https://www.youtube.com/watch?v=9FBOZLTTt48.
Iqbal, Riskun. “Digital Marketing Perspektif Etika Bisnis Islam.” Jurnal Mubtadiin 8, no. 2 (2022). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/603.
Jaelani, Dian Iskandar. “Pemberdayaan Ekonomi Umat dalam Perspektif Islam (Sebuah Upaya dan Strategi).” Eksyar 1, no. 1 (Juni 2014). https://ejournal.staimta.ac.id/index.php/eksyar/article/view/15/20.
Kaplan, Andreas M. “If You Love Something, Let It Go Mobile: Mobile Marketing and Mobile Social Media 4x4.” Business Horizons 55, no. 2 (Maret 2012): 129–39. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.10.009.
Kaplan, Andreas M., dan Michael Haenlein. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media.” Business Horizons 53, no. 1 (Januari 2010): 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003.
Kaya, Tugberk, dan Huseyin Bicen. “The Effects of Social Media on Students’ Behaviors; Facebook as a Case Study.” Computers in Human Behavior 59 (Juni 2016): 374–79. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.036.
Kholifah, Nur, dan Alfiah Nur Hikmah. “The Use of Digital Media as a Da’wah Tool in Sejuta Pemuda Mosque.” Syiar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (5 Desember 2024): 73–84. https://doi.org/10.54150/syiar.v4i2.496.
Kholiq, Abdul. “Pendayagunaan Zakat, Infaq, Shadaqah Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin di kota Semarang.” Jurnal Riptek 6, no. 1 (2012).
Kudadiri, Apriyani Lestari. “Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Basis Pendidikan Islam (Studi di Masjid Nurul ‘Ashri Deresan, Sleman, Yogyakarta).” Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41126/.
Kurnia, Neng Dewi, Riche Cynthia Johan, dan Gema Rullyana. “Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram dengan Kemampuan Literasi Media di UPT Perpustakaan ITENAS.” Edulib 8, no. 1 (24 Juli 2018): 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208.
Lim, Merlyna. “Klik yang Tak Memantik: Aktivisme Media Sosial di Indonesia.” Jurnal Komunikasi Indonesia 3, no. 1 (2 Juli 2017): 35–50. https://doi.org/10.7454/jki.v3i1.7846.
M. Najib, Novan Ardy Wiyani, dan Solichin. Manajemen Masjid Sekolah sebagai Laboratorium Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media, 2015.
M. Zikwan. “Konsep Maqashid Syariah pada UMKM dalam Upaya Mendukung Akselerasi Pangsa Ekonomi Syari’ah Jawa Timur.” Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam 2, no. 2 (23 Agustus 2021): 32–44. https://doi.org/10.35316/idarah.2021.v2i2.32-44.
“masjidnurulashri,” 2024. https://www.instagram.com/masjidnurulashri/.
Mu’alif, Maulana. “Sejarah Kajian Muslim (Kamus) di Masjid Nurul Ashri Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun 2010-2019M.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39548/.
Nadzir, Mohammad. “Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 6, no. 1 (31 Mei 2015): 37–56. https://doi.org/10.21580/economica.2015.6.1.785.
Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Nirwana, Chantique Bunga. “Peran Sekolah Pranikah dalam Upaya Membentuk Keluarga Sakīnah (Studi di Sekolah Pranikah Masjid Nurul Ashri Deresan Caturtunggal).” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2023. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61739/.
Nurhasanah, Nunung, dan Rafid Shidqi. “Efektivitas Dakwah Digital melalui Platform Media Sosial Instagram @masjid.imaduddin terhadap Pengetahuan Keagamaan dan Perubahan Sikap Beragama pada Jama’ah.” Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5, no. 5 (2024). https://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/542.
Nury, Mumammad Yuchbibun, dan Moch. Hamzah. “Tafsir Komprehensif Terhadap Ayat-Ayat Zakat: Kajian Terhadap Aspek Sosial dan Ekonomi dalam Al-Qur’an.” Manarul Qur’an 24, no. 1 (2024). https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/mq/article/view/7747.
Nussbaum, Martha. “Women’s Capabilities and Social Justice.” Journal of Human Development 1, no. 2 (Juli 2000): 219–47. https://doi.org/10.1080/713678045.
Nussbaum, Martha Craven. Women and Human Development: The Capabilities Approach. 21st printing. The John Robert Seeley Lectures 3. Cambridge: Cambridge University Press, 2013.
O’Keeffe, Gwenn Schurgin, Kathleen Clarke-Pearson, dan Council on Communications and Media. “The Impact of Social Media on Children, Adolescents, and Families.” Pediatrics 127, no. 4 (1 April 2011): 800–804. https://doi.org/10.1542/peds.2011-0054.
Pogo, Tajuddin. “Distribusi kekayaan individu dalam ekonomi Islam.” Disertasi, UIN Syarif Hidayatullah, 2012. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/7024.
Rahman Nurul Amin, Arif, dan Maya Panorama. “Pesantren sebagai Solusi Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan.” Jurnal Syntax Transformation 2, no. 07 (23 Juli 2021): 895–914. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.321.
Rahman, Taufiqur, dan Zuhdan Aziz. “The improvement of digital media management of Khoirul Ummi Mosque, Tamantirto, Kasihan, Bantul.” Community Empowerment 7, no. 8 (25 Agustus 2022): 1330–37. https://doi.org/10.31603/ce.7063.
Rahmawati, Desi, dan R. Ali Pangestu. “Efektivitas Pendayagunaan Dana Sedekah Produktif untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Duafa.” Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam 8, no. 1 (30 Juni 2022): 60–71. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i1.4599.
Ramah, Muchri. “Wacana dalam Perkembangan Ilmu Sosial Modern.” KINESIK 6, no. 2 (31 Agustus 2019): 165–75. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i2.79.
Rochmawati, Ayu, dan Syifa Syarifah Alamiyah. “Aktivisme Media Sosial di Instagram: Studi Literatur.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2 Maret 2024): 2572–80. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4085.
Saxton, Gregory D., Jerome N. Niyirora, Chao Guo, dan Richard D. Waters. “#AdvocatingForChange: The Strategic Use of Hashtags in Social Media Advocacy.” Advances in Social Work 16, no. 1 (27 Juli 2015): 154–69. https://doi.org/10.18060/17952.
Semambo, Henry. “Social Media As; an Agent for Behavioral Change among Young People: Case of Facebook Usage among Mass Communication Students of Uganda Martyrs University.” International Journal of Communication and Public Relation 8, no. 1 (28 Februari 2023): 56–76. https://doi.org/10.47604/ijcpr.1788.
Sen, Amartya. Development As Freedom. New York: Knopf Doubleday Publishing Group, 2011.
Shannon, Ho, dan Phil McCausland. “How Instagram became a destination for the protest movement.” nbcnews.com (blog), 28 Juni 2020. https://www.nbcnews.com/tech/tech-news/how-instagram-became-destination-protest-movement-n1232342.
Shiddiq, M. Fadhlan. “Peran Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi pada Masjid Nurul ‘Ashri Caturtunggal Depok Sleman).” Skripsi, Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2020. http://elibrary.almaata.ac.id/2044/.
socialblade.com. “Instagram Stats Summary / User Statistics for masjidnurulashri,” 2024. https://socialblade.com/instagram/user/masjidnurulashri.
Sudiarti, Sri. “Strategi Politik Ekonomi Islam.” HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3, no. 1 (2016). https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/view/147.
Suharto, Edi. Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Bandung: Refika Aditama, 2005.
Suryadi, Arif. “Pemberdayaan Ekonomi Jamaah Masjid Nurul ’Ashri Catur Tunggal Depok Sleman.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16345/.
Suryadin. “Analisis Kinerja Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Asri dalam Aktivitas Dakwah Islam di Kota Yogyakarta Tahun 2023.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2023. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62126/.
Tamuri, Ab. Halim. “Konsep dan Pelaksanaan Fungsi Masjid dalam Memartabatkan Masyarakat.” International Journal of Mosque, Zakat And Waqaf Management (Al-Mimbar), 30 Juni 2021, 1–12. https://doi.org/10.53840/almimbar.v1i1.11.
Umar, Syahrullah, dan Santoso Santoso. “Tata Kelola Manajemen Mesjid dan Digitalisasi Dakwah.” COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2 Februari 2022): 112–18. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i1.183.
Wardah, Cut. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid (Studi di Masjid Jamik Syaikhuna Nagan Raya).” Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2024. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37154/.