POLA PENYALURAN DANA BANTUAN BAZNAS SURABAYA PADA PROGRAM SURABAYA CERDAS TAHUN 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penyaluran dana bantuan oleh BAZNAS Kota Surabaya dalam program Surabaya Cerdas tahun 2022. Fokus utama penelitian ini adalah mengkaji mekanisme penyaluran dana, mengidentifikasi metode monitoring dan evaluasi yang diterapkan, serta mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam implementasi program tersebut. Dengan memahami pola penyaluran dana ini, diharapkan dapat ditemukan strategi yang lebih optimal untuk meningkatkan efektivitas program zakat dalam dunia pendidikan.
Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait, dokumentasi program, serta purposive sampling untuk memperoleh perspektif yang lebih komprehensif. Dengan teknik ini, penelitian dapat memberikan gambaran yang lebih rinci mengenai bagaimana BAZNAS Kota Surabaya menyalurkan dana kepada penerima manfaat yang telah ditentukan melalui jalur tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola penyaluran dana dilakukan melalui dua jalur utama. Jalur pertama berdasarkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, atau Kementerian Agama, sedangkan jalur kedua dilakukan melalui pengajuan langsung dari mustahik melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang tersebar di setiap kecamatan. Untuk memastikan efektivitas dan transparansi program, kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan secara berkala oleh UPZ dan hasilnya dilaporkan langsung kepada BAZNAS
References
Abdurra’uf am-Manawi, at-Tauqif fi Muhimmat at-Ta’arif (Bairut:Dar al-Fikr 1410 H)
Ahmad Nurhakim, Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Fungsi Pentingnya, https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pendidikan-menurut-para-ahli, diakses 13 Maret 2024, 23.18 WIB
Ahmed, H., Maqasid al-Shariah and Islamic Financial Products: A Framework for Assessment (ISRA International Journal of Islamic Finance, 2011), 9-10.
Al-Mawardi, Al-Ahkam As-Sultaniyyah wa Al-Wilayat Ad-Diniyyah (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1999)
Andi Agustang,Indah Ainun Mutiara, Andi Asrifan, Masalah Pendidikan di Indonesia (OSF Preprints, 2021)
BAZNAS, Laporan Tahunan BAZNAS Kota Surabaya (Surabaya: Badan Amil Zakat Nasional Kota Surabaya, 2023)
Bowen, G. A., Document Analysis as a Qualitative Research Method (Qualitative Research Journal, 2009) 9(2), 27-40.
Chapra, M. U., The Future of Economics: An Islamic Perspective (Leicester: The Islamic Foundation, 2000)
Creswell, J. W., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Los Angeles: SAGE Publications, 2014)
Darmadji, Tafsir Al- Qur'an tentang teori pendidikan Islam: Persepektif Pendidikan Islam Di Indonesia (Hermeneutik, 2013)
Fakhruddin ar-Razi, Mafatih al-Ghaib (Bairut:Daru Ihya` at-Turats al-‘Arabi)
Gilang P, Memahami Tujuan dan Fungsi Pendidikan di Indonesia, https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-dan-fungsi-pendidikan-di-indonesia , diakses 13 Maret 2024, 23.40 WIB
Hafidhuddin, D., Zakat dalam Perekonomian Modern (Jakarta: Gema Insani Press, 2002)
Kahf, M, The Principle of Islamic Economics (Jeddah: Islamic Research and Training Institute, 1999), 43.
Miles, M. B., & Huberman, A. M., Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 1994)
Muhammad al-Khatib asy-Syarbini, Mughni al-Muhtaj ila Ma’rifati Alfazh al-Minhaj (Bairut:Dar al-Fikr)
Obaidullah, M., & Khan, T., Islamic Microfinance Development: Challenges and Initiatives (Islamic Development Bank, 2008)
Patton, M. Q., Qualitative Research and Evaluation Methods (Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2002)
Saad, R. A. J., & Farouk, A. U., A Comprehensive Review of Barriers to a Functioning Zakat System in Nigeria: What Roles for Islamic Financial Institutions? (Journal of Islamic Accounting and Business Research, 2019), 15-16.
Sadeq, A. M., Economic Development in Islam (Kuala Lumpur: International Islamic University Malaysia, 2023)
Spradley, J. P., Participant Observation (New York: Holt, Rinehart and Winston, 1980)
Try Wahyudi Ari Setiawan, Belum merata, Perhatian Pemkot Surabaya untuk pendidikan masih minim, https://www.inilahnews.com/news/1199507834/belum-merata-perhatian-pemkot-surabaya untuk-pendidikan-masih-minim , diakses 18 Maret 2014, 22.08 WIB
Yusro, Peringkat Sistem Pendidikan Dunia 2023, Indonesia ke 67 dari 203 Negara, https://www.myusro.id/?p=1993 , diakses 13 Maret 2024, 23.51 WIB
Yusuf Qardhawi, Fiqh Az-Zakat: A Comparative Study of Zakat, Regulations and Philosophy in the Light of Qur'an and Sunnah (Jeddah: Islamic Research and Training Institute, 2000)