PERAN GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH 26 SURABAYA

  • Abd. Malik Dachlan STAI Luqman Al Hakim Surabaya
  • Nurhayati
Keywords: Peran guru BTA, Mengatasi kesulitan membaca Al Qur'an

Abstract

Penelitian ini membahas peran guru baca tulis al-qur’andalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an siswa di SD Muhammadiyah 26 Surabaya.  Dengan pokok masalah, bagaimana peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an siswa SD Muhammadiyah26 Surabaya. Dan apa saja faktor kesulitan membaca al-qur’an di SD tersebut. Melalui kepala sekolah, pembina guru BTA, Guru BTA dan beberapa siswa di kelas IV SD yang dijadikan sebagai sumber data.

            Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomologis, artinya penulis mendeskripsikan fenomena yang terjadi dilapangan apa adanya sesuai fakta yang benar-benar terjadi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisi dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan melalui verifikasi data. untuk melihat keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi.

            Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an siswa di SD Muhammadiyah 26 Surabaya dirasa suda optimal, dengan banyaknya usaha yang telah dilakukan seharusnya kemampuan siswa dalam membaca al-qur’an semakin baik. Guru telah melakukan banyak usaha untuk membantu siswa yang masih mengalami kesulitan untuk belajar. Mereka mengetahui bahwa kemampuan membaca al-qurán nya masih kurang tetapi faktor kesulitan sepeti kurang keseriusan dan kefokusan dalam belajar yang belum ada, serta kurangnya motivasi dan lebih banyak bermain sehingga menimbulkan sulita belajar sehingga ada rasa malas.

Published
2024-07-21
Section
Articles