PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI IMPLEMENTASI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV MI Al-FITHRAH SURABAYA

  • Harum Ita Puspa Sari STAI Luqman Al Hakim Surabaya
  • M. Abdulloh Salim UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Peningkatan, Sikap peduli lingkungan sekitar, IPA, Strategi PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap peduli Lingkungan sekitar siswa kelas IV MI Al-Fithrah Surabaya melalui implementasi strategi Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan sikap peduli Lingkungan sekitar melalui implementasi strategi Problem Based Learning (PBL) dalam  pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Al-Fithrah Surabaya? (2) Bagaimana efektivitas siswa kelas IV MI Al-Fithrah Surabaya dalam pembelajaran IPA dengan strategi Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap peduli Lingkungan sekitar?.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dalam prosesnya banyak menggunakan angka-angka dari mulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan dari hasilnya.

Hasil penelitian yang diperoleh di sekolah MI Al-Fithrah Surabaya melalui strategi PBL dapat meningkatkan sikap peduli Lingkungan sekitar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan skala pretest skor perolehan 63 dengan persentase rendah 16,67%. Sedangkan untuk skala posttest skor perolehan 84,33 dengan persentase 88,88%, siswa sudah terkondisikan dan sikap peduli ligkungan mereka lebih meningkat dibanding pembelajaran sebelumnya. Sehingga Implementasi strategi PBL dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan sikap peduli Lingkungan sekitar siswa kelas IV MI Al-Fithrah Surabaya.

Published
2024-07-22
Section
Articles