PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK KARTUN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TOKOH CERITA ANAK BAHASA INDONESIA KELAS III MI NOOR MUSHOLLA SURABAYA
Abstract
Latar belakang diadakan penelitian ini karena ditemukannya hasil belajar yang rendah pada materi tokoh cerita anak pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Noor Musholla. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa materi tokoh cerita anak mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media audio visual gerak kelas 3 MI Noor Musholla Surabaya tahun 2019. Penerapan media audio visual gerak diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK), dengan hasil obeservasi siswa pada siklus 1 65,7% dan pada siklus ke 2 meningkat menjadi 93,7%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa siklus 1 70% meningkat menjadi 96,6% pada siklus 2. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tulis dan nontes berupa unjuk kerja. Hasil data yang didapat selama penelitian kemudian dianalisis menggunakan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual gerak mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita anak di MI Noor Musholla Surabaya