STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH 26 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 SD di Sekolah Muhammadiyah 26 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1, yakni dengan penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan, penggunaan materi bacaan, media pembelajaran yang menarik danĀ sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, serta penggunaan fasilitas dan program yang tersedia di lingkungan sekolah. Setiap strategi yang diciptakan ada kalanya terdapat hambatan yang terjadi pada proses pembelajaran, hambatan tersebut meliputi kurangnya pelatihan pada guru, faktor intern pada diri siswa dan faktor ekstern pada lingkungan siswa