PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD/MI MELALUI METODE DEMONSTRASI

  • Nur Nafisatul Fithriyah
  • Rijal Adam Tangwe STAI Luqman Al Hakim Surabaya
Keywords: Peningkatan hasil belajar, Metode demonstrasi

Abstract

Salah Satu tujuan manusia diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Ibadah yang sangat utama dan menentukan bagi manusia adalah ibadah sholat. Sah atau tidaknya ibadah sholat ditentukan oleh sah atau tidaknya wudhu yang dilakukan. Oleh karena itu wudhu harus menjadi perhatian serta dilakukan dengan benar dan sempurna. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar praktik berwudhu. Rumusan masalah pada penelitian iniĀ  yaitu Bagaimana peningkatan hasil belajar fiqih dalam praktik berwudhu dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas I MIS Al-Islamiyah Bampalola Alor NTT.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin. Yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 semester II di MIS Al-Islamiyah Bampalola Alor NTT. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di dalam kelas dan diluar kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada praktik berwudhu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa faktor untuk mengumpulkan data, yaitu Lembar Observasi kegiatan pembelajaran, lembar Tes hasil belajar dan Dokumentasi kegiatan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar fiqih materi berwudhu melalui metode demonstrasi pada kelas 1. Pada pra siklus aspek aktivitas capaian hasil belajar dengan rata-rata nilai siswa 63,1 dengan presentase 45%. Pada siklus I aspek aktifitas capaian hasil belajar dengan rata-rata nilai siswa 72,2 dengan prosentase 66%. DanĀ  Pada siklus II aspek aktifitas capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai siswa 85,4 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai 91%. dan aspek hasil belajar fiqih materi berwudhu dengan persentase 91%.

Published
2024-07-22
Section
Articles