MANAJEMEN KONFLIK DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kajian tentang manajemen konflik dan implikasinya bagi lembaga pendidikan Islam . Penyebab terjadinya konflik pada setiap organisasi sangat bervariasi bergantung pada cara individu-individu menafsirkan, mempersepsi, dan memberikan tanggapan terhadap lingkungan kerjanya. Munculnya berbagai konflik merupakan dinamika dalam perkembangan organisasi khususnya di lembaga pendidikan Islam, karena itu pimpinan atau kepala sekolah perlu memahami beberapa penyebab konflik yang dapat menimbulkan konflik. Mencermati konflik sebagai suatu kejadian yang tidak dapat dipisahkan dari persoalan organisasi, tugas pimpinan adalah mengelola konflik agar dapat fungsional guna dimanfaatkan untuk meningkatkan performansi kerja.Tulisan ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung. Tulisan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pemerhati yang tertarik mengkaji tentang perilaku pemimpin dan keterampilan manajer.
Kesimpulan dari hasil kajian bahwa Penyebab muncul atau terjadinya konflik sangatlah beragam terutama konflik antar individu dengan kelompok sering diwarnai oleh adanya tekanan kelompok terhadap individu bersangkutan. Tekanan ini boleh jadi muncul karena individu dianggap melanggar norma-norma kelompok seperti visi, misi, tujuan,sasaran, tindakan. Penyebab lainnya adalah lebih fokus pada posisi dari masalah yang ada, manipulasi dan perilaku agresif salah satu pihak dan keinginan untuk menang bagaimanpun caranya.
Dampak konflik di Lembaga pendidikan Islam dengan menjadi yang terdepan dalam model sekaligus menjadi panutan didalam pengelolaan permasalahan yang ada. Tentu kompleksitas setiap permasalahan yang ada bisa muncul di wilayah pendidikan Islam di pondok pesantren dan madrasah berbeda, yang seteusnya dapat menjadi acuan didalam membenahi sebuah lembaga pendidikan untuk menghadapi setiap tantangan globalisasi diwilayah dunia pendidikan yang semakin kompetitif dan menantang.
Copyright (c) 2024 Ulil Multazam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.