PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA SD AL-HIKMAH SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya dalam meningkatkan minat baca siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif fenomenologis. Data dikumpulkan dengan metode wawancara terprogram, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan proses reduksi data, display data dan kesimpulan melalui verifikasi data. Untuk memastikan data yang diperoleh akurat, peneliti melakukan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa sudah baik terbukti dengan data minat baca siswa di SD Al Hikmah Surabaya sangat tinggi yang diukur berdasarkan peminjaman buku siswa di perpustakaan. Perpustakaan SD Al Hikmah Surabaya meluncurkan aplikasi perpustakaan online melalui aplikasi e-sekolahku dan WA Centre. Aplikasi ini memungkinkan siswa-siswi memesan buku dari rumah dan buku akan dikirimkan ke alamat peminjam. Keberhasilan peningkatan minat baca siswa ini juga tersebab perpustakaan sekolah melibatkan orang tua dalam pemantauan perkembangan literasi siswa.
Copyright (c) 2024 Damanhuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.