IMPLEMENTASI KURIKULUM ADAB DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan adab serta mengetahui macam-macam adab apa saja yang diterapkan di Sekolah secara lebih mendalam. Selain itu upaya-upaya apasaja yang dilakukan untuk membetuk karakter pembiasaan adab pada peserta didik.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan naturalistis. Dalam penelitian ini, penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sebagai instrumen aktif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yakni, sumber data primer dan sekunder.
Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa implementasi kurikulum adab di Sekolah ada dua macam yaitu adab menutut ilmu dan adab keseharian. Adab menuntut ilmu diberikan dan diaplikasikan pada saat peserta didik melakukan pembelajaran baik di akademik maupun dipembelajaran diniyah. Sedangkan adab keseharian perserta didik lebih diaplikasikan pada saat berada di asrama. Yang mana peserta didik teori/ materi-materi adab, dan setelah itu peserta didik diminta untuk mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, serta yang tidak kalah pentingnya adanya keteladanan dari semua warga dan ustadzah yang ada dilingkungan pesantren.
Copyright (c) 2024 Muh Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.