Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Implikasinya bagi Kinerja Guru
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi kepemimpinan transofrmasional dan implikasinya bagi peningkatan kinerja guru. Model kepemimpinan transformasional merupakan model yang relatif baru dalam studi-studi kepemimpinan. Model ini dianggap sebagai model yang terbaik dalam menjelaskan karakteristik pemimpin. Konsep kepemimpinan transformasional mengintegrasikan ide-ide yang dikembangkan dalam pendekatan watak, gaya dan kontingensi. Esensi kepemimpinan transformasional adalah sharing of power. Dalam konsep ini, seorang pemimpin transformasional melibatkan bawahan secara bersamasama untuk melakukan perubahan, atau sering disebut wujud pemberdayaan. Melalui kepemimpinan transformasional ada suatu keterikatan yang positif antara atasan dan bawahan. Pemimpin transformasional harus mampu mendefinisikan, mengkomunikasikan dan mengartikulasikan visi organisasi, sehingga bawahan menerima dan mengakui kredibilitas pemimpinnya. Dengan pengakuan bawahan ini maka dimungkinkan akan memberikan implikasi bagi kinerja guru yang ada di sekolah yang di pimpinnya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.