Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah Melalui Peningkatan Komitmen Guru
Abstract
Sekolah yang berkualitas yang sering juga disebut oleh masyarakat sebagai sekolah unggul, merupakan terjemahan bebas dari bahasa Inggris “effective school” yaitu sekolah yang input rendah (bahkan yang lamban berfikir), tetapi outputnya tinggi. Berarti dalam sekolah unggul model ini, terjadi proses pembelajaran yang efektif.
Untuk menumbuhkan komitmen, maka semua jenis organisasi, termasuk organisasi sekolah, harus dapat mengimplementasikan komitmen organisasi yang memiliki tiga aspek utama, yaitu; identifikasi, keterlibatan dan loyalitas pegawai guru terhadap organisasinya.
Menyadari betapa pentingnya sekolah sebagai tempat untuk mencerdaskan dan membelajarkan masyarakat, maka sekolah diupayakan sedemikian rupa untuk menjadi sekolah yang berkualitas, dengan menerapkan prinsip-prinsip dan fungsi-fungsi manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.