PROBELMATIKA PADA PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN ISLAM SERTA UPAYA PENCEGAHAN MELALUI KEBIJAKAN
Abstract
Pendidikan di Indonesia memegang peran krusial dalam pembentukan individu berpengetahuan, bermoral, dan kompetitif. Namun, berbagai problematika melingkupi sistem pendidikan, baik dalam pendidikan umum maupun Islam. Pendidikan umum dihadapkan pada tantangan seperti kesenjangan akses, rendahnya kualitas guru, kurikulum yang kurang relevan, dan keterbatasan teknologi. Hasil survei PISA 2018 menempatkan kemampuan siswa Indonesia dalam membaca, matematika, dan sains di bawah rata-rata global. Demikian pula, ketimpangan akses pendidikan masih terjadi, terutama di daerah terpencil seperti Papua.
Pendidikan Islam menghadapi tantangan spesifik terkait kualitas madrasah dan pesantren yang seringkali tertinggal dalam hal fasilitas, kurikulum, dan akses teknologi. Kurikulum yang cenderung berfokus pada ilmu agama tradisional kurang mendukung kebutuhan globalisasi yang menuntut integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum. Selain itu, rendahnya kesejahteraan dan kualitas guru di lembaga pendidikan Islam memperburuk problem ini. Sebagian besar guru belum memiliki kompetensi pedagogik yang memadai, ditambah minimnya pelatihan profesional.
Penelitian ini menyoroti perlunya reformasi pendidikan secara komprehensif, termasuk pembaruan kurikulum yang adaptif, peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan, dan peningkatan akses terhadap teknologi pendidikan. Pendidikan Islam dihadapkan pada kebutuhan untuk mempertahankan identitasnya sembari beradaptasi dengan perkembangan zaman. Penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa kebijakan pendidikan inklusif dan distribusi anggaran yang merata dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketimpangan pendidikan.
Dalam era digital, literasi teknologi menjadi kebutuhan mendesak untuk meningkatkan daya saing lulusan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa banyak lembaga pendidikan Islam belum mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Reformasi kebijakan yang berbasis data dan inovasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di semua lini, baik umum maupun Islam.
Tulisan ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research) atau juga disebut studi pustaka, karena penulis mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat dan mengolah dari berbagai sumber, sumber data utama adalah dari buku, hasil penelitian dan jurnal. Tulisan ini diharapkan bisa memberikan manfaat tentang problematika pada pendidikan dan pendidikan islam serta upaya pencegahan melalui kebijakan.
Copyright (c) 2024 Mohammad Nurul Huda, Slamet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.