FENOMENA BRAINROT DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM

  • Nur Huda
Keywords: Brainrot, Pendidikan islam

Abstract

Brainrot sebagai dampak dari penggunaan media sosial mempengaruhi perilaku seseorang secara luas. Pengaruh dari brainrot seperti gelisah, penurunan daya ingat, rendahnya kamampuan fokus, kebingungan, dan gangguan mental perlu mendapat perhatian dan solusi dari semua pihak yang peduli dengan pendidikan masyarakat. Dampak negatif ini jika tidak segera akan membawa kepada bencana sosial dan mutu generasi muda. Jurnal ini akan memebrikan saran antisipasi dan solosi atas persoalan brainrot baik dengan pendekatan sains maupun pendidikan Islam.  Berbeda dengan pendekatan psikologi modern yang bersifat eksperimental dan analisis posifitistik maka pendidikan Islam sebagai sebuah konsep yang komprehesif dan sistemik memiliki pandangan yang jelas dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Solusi masalah ini tidak hanya dengan membangun kesadaran transendental pada pribadi (internal consciousness) tapi juga kesadaran lingkungan sosial  sekitar (circumstance consciousness). Brainrot tidak boleh hanya dilihat dari dampak negatif di aspek mental, perilaku dan ekonomi sebuah bangsa, namun lebih jauh, ini adalah persoalan keyakinan, pandangan hidup dan pertanggungjawaban di hadapan Tuhan.

Published
2024-09-16
How to Cite
Nur Huda. (2024). FENOMENA BRAINROT DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13(1), 52-83. https://doi.org/10.61088/tadibi.v13i1.800
Section
Articles