TARTIB NUZULI DAN ANDRAGOGI : TINJAUAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI DALAM PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini membahas relevansi konsep Tartib Nuzuli dalam studi Al-Qur’an dengan pendekatan andragogi dalam pendidikan orang dewasa. Tartib Nuzuli merujuk pada urutan pewahyuan Al-Qur’an yang mencerminkan strategi pendidikan bertahap sesuai dengan kesiapan kognitif dan spiritual umat Islam. Konsep ini berkesesuaian dengan prinsip andragogi, yang menekankan pembelajaran berbasis pengalaman, relevansi materi dengan kebutuhan peserta didik, serta kemandirian dalam proses belajar. Studi ini berupaya mengidentifikasi kesamaan prinsip antara kedua konsep tersebut dan bagaimana implementasinya dalam pendidikan Islam, khususnya dalam konteks pembelajaran orang dewasa.
Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menganalisis sumber-sumber primer dan sekunder terkait Tartib Nuzuli dan andragogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tartib Nuzuli dan andragogi memiliki beberapa prinsip pembelajaran yang sejalan, seperti bertahap dan kontekstual, berorientasi pada kebutuhan praktis, serta mendorong refleksi dan pemahaman mendalam. Selain itu, konsep Tartib Nuzuli, yang membagi wahyu menjadi fase Makkiyah dan Madaniyah, menunjukkan pola pendidikan bertahap yang dapat diterapkan dalam model andragogi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa integrasi konsep Tartib Nuzuli dan pendekatan andragogi dapat menjadi strategi yang efektif dalam pendidikan Islam, khususnya bagi peserta didik dewasa. Dengan menerapkan prinsip pembelajaran bertahap, berbasis pengalaman, dan relevan dengan kehidupan peserta didik, model ini dapat meningkatkan pemahaman serta keterlibatan mereka dalam proses belajar. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum pendidikan Islam perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip Tartib Nuzuli serta metode andragogi guna menciptakan pembelajaran yang lebih adaptif dan aplikatif.
Copyright (c) 2024 Damanhuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.