PENGARUH PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) TERHADAP PSIKOLOGI (SEMANGAT MENCARI PEKERJAAN BARU)

(Studi Kasus Korban PHK Pandemi Covid-19 di Kelurahan Babatan, Wiyung, Surabaya)

  • Ahmad Fathoni
Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Psikologi, Semangat Mencari Pekerjaan Baru

Abstract

Penelitian pengaruh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap Psikologi dan semangat mencari pekerjaan baru ini dilakukan di tempat yang penduduknya banyak menjadi korban PHK. Untuk itu, penelitian ini dilakukan di Kelurahan Babatan, Wiyung, Jawa Timur. Karena kelurahan ini cukup banyak yang menjadi korban PHK dibandingkan kelurahan lain di kecamatan Wiyung. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap Psikologi dan semangat mencari pekerjaan baru, serta seberapa signifikan pengaruhnya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang meneliti hubungan sebab-akibat dengan field observation dan menggunakan angket sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan data. Sampel yang digunakan berjumlah 25 orang yang diambil dari data tiap RT di Kelurahan Babatan selain Sektor Perumahan. Peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana, uji t (parsial), dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memiliki pengaruh terhadap Psikologi (Semangat Mencari Pekerjaan Baru). Besarnya pengaruh Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) memiliki pengaruh terhadap PsikologiĀ  (Semangat Mencari Pekerjaan Baru) sebesar 80,1%, sedangkan sisanya (19,9%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Dari sini kita bisa mengambil hikmah di balik musibah PHK yaitu naiknya semangat mencari pekerjaan, karena bekerja adalah ibadah dan rejeki adalah jatah (rizqi, ajal, susah, senang, sudah ditentukan oleh Tuhan)

References

Saifudin Azwar, Test Prestasi (Yogyakarta: Liberty, 1987)
Saiful Anwar, Sendi-Sendi Hubungan Pekerja Dengan Pengusaha, Kelompok Studi Hukum dan Masyarakat (Medan: Fak. Hukum USU, 2007)
Sastrohadiwiryo, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Admnisitrasi dan Operasional ( Jakarta: Bumi Aksara, 2003)
Sehat Damanik, 2007. Outsourcing dan Perjanjian Kerja Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, (Jakarta: DSS Publishing, 2007)
Soedarjadi, Hukum Ketenagakerjaan Di Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Yustisia, 2008)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2008)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2009)
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: bumi Aksara, 2008)
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian (Jakarta: Rinieka Cipta, 2010)
W.J.S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2004)
Wiwoho Soedjono, Perjanjian Kerja (Jakarta: Bina Aksara, 2003)
Woodworth, R.S.and Marquis, D.G., Psychology (New York: Henry Holt and Company, 1957)
Zainal Asikin dkk, Dasar-Dasar Hukum Perburuhan, Cet. VIII (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Published
2020-03-03
How to Cite
Ahmad Fathoni. (2020). PENGARUH PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) TERHADAP PSIKOLOGI (SEMANGAT MENCARI PEKERJAAN BARU). Dinar : Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 3(2), 66. Retrieved from http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/view/159
Section
Articles