Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Patronase Figur terhadap Preferensi Konsumen Produk Game Mobile Legend Bang-Bang
(Studi Kasus Para Gamers Kapas Madya 2, Tambaksari, Surabaya)
Abstract
Banyak hal yang bisa mempengaruhi preferensi gamers Mobile Legend Bang-Bang, di antara yang bisa mempengaruhi preferensi gamers tersebut adalah kualitas pelayanan dan patronase figur (opinion leader). Kualitas pelayanan sudah barang tentu berpengaruh terhadap persepsi dan preferensi gamers. Sedangkan patronase figur (opinion lvdeader) dapat dikatakan sebagai orang-orang berpengaruh, yakni orang-orang tertentu yang mampu memengaruhi sikap orang lain secara informal dalam suatu sistem sosial. Ia berperan sebagai model dimana perilakunya (baik mendukung atau menentang) diikuti oleh para pengikutnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan analisa Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh besarnya variabel kualitas pelayanan terhadap preferensi gamers adalah sebesar 0,583. Koefisien pada hubungan ini bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap preferensi gamers se arah. Artinya semakin baik kualitas pelayanan maka preferensi gamers akan meningkat, sebaliknya semakin buruk kualitas pelayanan maka preferensi gamers akan semakin menurun, dan pengaruh patronase figur terhadap preferensi gamers memiliki nilai t-value sebesar 4,942, karena nilai t-value ≥±1,96 maka hipotesis 0 diterima, sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh langsung dari variabel patronase figur terhadap preferensi gamers. Artinya semakin baik patronase figur maka preferensi gamers akan meningkat, sebaliknya semakin buruk patronase figur maka preferensi gamers akan semakin menurun.